Lihat ke Halaman Asli

Dian RizkiLestari

Mahasiswi UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

Tingkatkan Nilai Ekonomi, Inovasi Pengolahan Biji Jagung sebagai Teh Herbal oleh Mahasiswa KKN UIN Gusdur Pekalongan

Diperbarui: 19 November 2022   00:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Inovasi produk adalah hasil dari pengembangan produk baru oleh suatu perusahaan atau industri, baik yang sudah ada maupun belum. Dari produk lama yang telah mencapai titik jenuh dipasaran, diperlukan sebuah inovasi untuk mengganti produk lama tersebut.

Penggantian ini dapat berupa produk pengganti yang secara total baru atau dengan perkembangan produk lama yang lebih modern dan up to date, sehingga dapat terus meningkatkan keinginan konsumen dalam keputusan pembelian produk tersebut.

Kemudian pada dasarnya pemasaran adalah strategi untuk meningkatkan nilai tambah untuk suatu produk. Di tengah persaingan usaha yang semakin padat UKM Kreatif harus mempunyai kelebihan dibanding pesaing. Untuk itu harus dilakukan evaluasi produkk dengan melakukan inovasi untuk mendapatkan produk terbaik.

Di Desa Karangjati sebagian besar hasil pertaniannya yang salah satu banyak ditemui di desa Karangjati yaitu jagung. Semua bagian jagung kita bisa dimanfaatkannya mulai dari kulit, rambut jagung, biji jagung serta bonggol jagung. Pada hari Senin 17 Oktober 2022 teman-teman KKN memunculkan ide dan memanfaatkan hasil tani di Desa Karangjati yaitu membuat inovasi teh herbal dari biji jagung. 

Pengolahan biji jagung menjadi teh herbal dengan berbagai rasa (rosella, melati dan telang) bertujuan untuk memaksimalkan hasil petani jagung di desa Karangjati sebagai produk UMKM desa.

Dokpri

Kemudian secara bersamaan di Kecamatan Tarub sedang mengadakan "Gebyar Sumpah Pemuda" salah satu kegiatannya adalah expo pasar rakyat yang membuka peluang bagi masyarakat untuk menngkatkan usaha yang mereka miliki. Teman-teman KKN berkesempatan untuk memasarkan produk inovasi yang dibuat. 

Antusias masyarakat sangat baik yang membeli maupun melihat produk dari teman-teman KKN. Inovasi yang dibuat sangat mudah dilakukan, kemudian teman-teman KKN juga memberikan tata cara membuat hingga mengemas produk kepada masyarakat. tidak pula juga kemasan yang menarik agar minat beli konsumen semakin meningkat.

Usaha teh jagung diharapkan menjadi produk unggulan yang menguntungkan karena memiliki cipta rasa khas dan merupakan kreasi produk langka. Setelah produk teh jagung ini banyak peminatnya, diharapkan dapat menambah varian rasa dengan meningkatkan kualitas kreasi dan mempertahankan cita rasa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline