Lihat ke Halaman Asli

Seberapa Penting "Data Mining" di Dunia Pendidikan Informatika

Diperbarui: 14 September 2022   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebagai mahasiswa S1 Teknik Informatika, istilah data mining sudah tidak asing lagi. Dengan itu, sudah sepatutnya kita sebagai mahasiswa Informatika memahami ruang lingkup Data Mining, hal ini dapat menunjang pengetahuan serta memudahkan relasi antara satu ruang lingkup dengan ruang lingkup lainnya khususnya di dunia Informatika.

Secara harfiah, data mining terdiri dari dua kata yaitu Data dan Mining. Data yaitu sekumpulan informasi berupa fakta, sedangkan Mining yang berarti menambang. Secara  umum, data mining adalah sebuah proses pengumpulan informasi atau data  berupa fakta dalam jumlah yang besar. Proses data mining seringkali menggunakan metode statistika, matematika, hingga memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Dengan penggabungan beberapa metode ini dapat memudahkan serta menyempurnakan proses pengumpulan informasi. Selain daripada itu, data mining berkaitan erat dengan database. Evolusi dari database itu sendiri berkembang mulai dari tahun 1960, 1970, 1980, 1990, hingga tahun 2000. Dari evolusi ini kita belajar, ditahun 2000 ke atas hal apa yang harus kita persiapkan untuk menunjang metode menjadi lebih baik.

Pentingnya data mining dalam dunia pendidikan khususnya di dunia Informatika dapat memudahkan dalam proses pengambilan keputusan. Pengambilan data dalam jumlah yang sangat besar pastinya akan memberikan risiko yang sangat besar pula, sehingga data mining yang menggabungkann beberapa metode ini dapat memberikan hasil secara maksimal. Maka dari itu jika dikaitkan degan fungsi dari data mining itu sendiri yaitu dapat memudahkan dalam proses pengambilan keputusan di ruang lingkup kecil ataupun besar.

Ini mungkin hanya sebagian kecil pembahasan yang diangkat dalam tema diatas, segala bentuk teori secara lengkap akan dipaparkan lebih lanjut dalam tema yang berbeda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline