Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Magang di Solo Technopark

Diperbarui: 12 Januari 2024   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu mahasiswa dari Perguruan Tinggi Universitas Slamet Riyadi Surakarta yaitu Dian Puspita Sari telah melakukan kegiatan magang di UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark yang dilaksanakan selama 2 bulan dimulai sejak tanggal 1 November sampai 31 Desember 2023, dengan penempatan pada Divisi Hak Kekayaan Intelektual. 

Hak Kekayaan Intelektual merupakan divisi baru di Solo Technopark. Divisi ini baru berdiri sejak Agustus 2023. Pada penempatannya, divisi Hak Kekayaan Intelektual diisi oleh 4 orang, 2 orang mahasiswa magang dan 2 orang siswa PKL. Selama magang, kami mendapat pengetahuan mengenai apa itu HKI hingga bagaimana cara mengetahui suatu produk telah didaftarkan pada situs PDJKI atau belum. 

Selain itu, kami juga diberikan kesempatan untuk membersamai kunjungan dari berbagai instansi yang berkunjung ke Solo Technopark. Dengan tugas sebagai Tour Guide selama kunjungan berlangsung. 

Adapun beberapa tempat di Solo Technopark yang bisa kami jelaskan antara lain Kampus UMKM GOTO yang merupakan kolaborasi antara Gojek dan Tokopedia. Disini para pelaku UMKM bisa mendapatkan pelatihan secara gratis. Ruang seminar yang dapat disewa oleh masyarakat umum dengan reservasi terlebih dahulu. Migas Corner yang menjelaskan bagaimana proses pengambilan bahan bakar. Co-working Space Shopee yang menjadi tempat favorit mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Hingga Garena yang merupakan tempat para gamers Solo Raya berkumpul dan mengadakan event. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline