Lihat ke Halaman Asli

Demokrasi pada Masyarakat Madani

Diperbarui: 12 April 2020   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Demokrasi merupakan suatu sistem yang dianut oleh mayoritas negara yang ada di dunia dengan cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuannya masing-masing.
Demokrasi adalah suatu sistem politik yang didalamnya terdapat perpaduan keseimbangan antara konflik yang ada dengan konsentrasi.
Demokrasi juga merupakan perbedaan pendapat dan pertentangan diantara individu dan individu, individu dan kelompok, kelompok dan pemerintah serta lainnya.
Dalam demokrasi masyarakat marani merupakan tiang yang paling utama untuk menjalankan suatu demokrasi. Dan masyarakat madani merupakan masyarakat yang menjuru pada keislaman dan yang pernah di bangun oleh Nabi Muhammad SAW di madinah.
Masyarakat madani mempunyai karakteristik yang hingga sekarang masih terjaga atau masih dikenal dan dipahami dengan luas. Karakter yang pertama toleransi, yaitu mempunyai sifat yang toleran terhadap sesama ataupun orang lain, baik dari segi agama, suku atau hal lainnya. Yang kedua terintegrasinya suatu individu serta kelompok yang masuk kedalam masyarakat melalui kontak sosial sehingga dapat terorganisir. Yang ketiga mampu menjadi penopang atau jembatan untuk kepentingan individu dan negaranya agar semuanya dapat mewujudkan suatu tujuan. Dan yang terakhir yaitu mempunyai karakter yang setia dan dan dapat dipercaya sehingga individu maupun negaranya bahkan orang lain pun mengaguminya dan dapat diandalkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline