Lihat ke Halaman Asli

Dian Nurhidayah

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Desa Sukamulya Melalui Peningkatan Literasi Pemasaran Digital

Diperbarui: 26 Agustus 2023   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : KKN-T Universitas Majalengka Desa Sukamulya 

Setiap daerah tentu memiliki potensinya masing-masing begitupun dengan Desa Sukamulya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang yang didominasi oleh lahan pertanian yang secara tidak langsung banyak warganya yang bermata pencaharian sebagai petani namun tidak semuanya, beberapa warga Desa Sukamulya memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti camilan dengan berbagai rasa mulai dari asin, pedas, dan lain-lain. Jangkauan pemasaran beberapa UMKM di Desa Sukamulya ini bahkan sudah sampai ke luar kota akan tetapi belum menggunakan sistem digital seperti e-commerce melainkan mennggunakan sistem word of mouth atau testimoni dari mulut ke mulut. 

Rasa penasaran dan tingginya antusiasme warga Desa Sukamulya khususnya para pelaku UMKM terhadap digitalisasi mendorong mahasiswa Universitas Majalengka yang sedang melaksanakan KKN-T di Desa Sukamulya untuk mengadakan kegiatan Workshop yang merujuk pada digitalisasi UMKM dengan tema kegiatan yaitu "Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Desa Sukamulya Melalui Peningkatan Literasi Pemasaran Digital".  Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 19/08/2023 yang bertempat di Balai Desa Sukamulya dengan dihadiri oleh Kepala Desa Sukamulya, BPD Sukamulya, Babinsa Sukamulya, Kepala Dusun Borojol dan Mariuk, Aparat Desa, dan masyarakat Desa Sukamulya, serta Dosen Pembimbing Lapangan KKN-T UNMA Sukamluya. Narasumber pada workshop ini yaitu Nita Hernita, S.E., M.M. yang merupakan dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Universitas Majalengka.

Kegiatan ini berjalan lancar dan para masyarakat sangat antusias mengikuti workshop tersebut bahkan para UMKM juga tertarik untuk menerapkan solusi yang di berikan oleh narasumber dalam workshop tersebut. Beberapa materi yang dipaparkan oleh narasumber yaitu mengenai Marketing mix :
-Jenis-jenis promosi (Advertising, Direct Marketing, Personal Selling, Sponsorship, Digital Marketing)
-Tujuan Digital Marketing (untuk meningkatkan angka penjualan dan memperluas pasar)
-Upaya UMKM dalam Pemasaran (Labeling, Packaging, PIRT, Halal, Branding, Digital Marketing)

Masyarakat Desa Sukamulya sangat senang dengan adanya workshop ini karena bertambahnya ilmu pengetahuan tentang dunia bisnis digital yang bisa meningkatkan penjualan UMKM yang dimiliki.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline