Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran Berdiferensiasi (Koneksi antar Materi Modul 2.1 CGP)

Diperbarui: 2 November 2023   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya.

Pengertian pembelajaran berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid.

Sedangkan menurut Tomlinson (2001:45), Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dengan cara: 

  • Menganalisis kebutuhan belajar
    • Kesiapan belajar : kapasitas untuk mempelajari materi, konsep, atau keterampilan baru.
    • Minat : suatu keadaan mental yang menghasilkan respons terarah kepada suatu situasi atau objek tertentu yang menyenangkan dan memberikan kepuasan diri.
    • Profil belajar : untuk memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar secara natural dan efisien dengan factor preferensi terhadap lingkungan belajar, pengaruh budaya, dan preferensi gaya belajar.
  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Merancang RPP dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi
  • Menganalisis penerapan strategi diferensiasi
    • Diferensiasi konten : merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten yang dimaksud adalah materi pengetahuan, konsep dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.
    • Diferensiasi proses : merujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi materi.
    • Diferensiasi produk : merujuk pada strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan dan pengembangan apa yang telah dipelajari.
  • Melakukan asesmen

Keterkaitan antar materi sebelumnya dengan materi modul 2.1 adalah pembelajaran yang dilakukan harus berpihak pada murid.

Pembelajaran berdiferensiasi harus berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana cara guru merespon kebutuhan belajar, mengakomodir beragam kebutuhan belajar murid sehingga dapat terwujud pembelajaran yang berpihak pada murid.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline