Lihat ke Halaman Asli

Dian Nitasari

Mahasiswa

Keberanian Apa Saja yang Harus Dimiliki Pemimpin?

Diperbarui: 21 Juli 2021   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Courage atau keberanian merupakan kekuatan mental dan moral untuk terlibat atau bertahan dan menahan bahaya, ataupun kesulitan. Perlu sekali memiliki seoarang pemimpin yang memiliki keberanian tinggi, karena jika pemimpin memiliki keberanian tinggi akan mempu menolak dan mengambil risiko. Keberanian apa saja yang harus dimiliki, mari kita lihat dibawah ini :

  • Courage Means Accepting Responsibility, seorang pemimpin berani dalam menerima tanggung jawab, karena sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan juga pemimpin harus berani untuk melangkah, atau mengambil risiko. Dengan tanggung jawab ini akan membawa leader yang mampu menciptakan segala peluang yang ada bagi perusahaan. Karena tanggung jawab pemimpin itu tinggi dimana dia harus menerima tanggungjawab atas tindakan seluruh tim. Dengan adanya tanggung jawab ini mendorong pemimpin untuk mampu mengambil keputusan secara tegas, dengan itu pemimpin harus menerima tanggung jawab atas keputusan yang dibuat dan konsekuensi yang ditimbulkan.
  • Courage Often Means Nonconformity, seorang pemimpin berani dalam melawan arus, melanggar tradisi, mengurangi batasan, dan memulai perubahan. Tidak selamanya melahawan arus itu suatu hal yang buruk, terkadang terdapat beberapa istuasi yang mengharuskan pemimpin untuk berani melawan arus, demi mempertahankan perusahaan. Dengan begitu pemimpin berani mengambil risiko yang tinggi. Para pemimpin perlu menentang status quo, dengan berusaha mencoba hal-hal baru untuk menemukan pola yang lebih efektif, tetapi tetap harus disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dengan visi perusahaan.
  • Courage Means Pushing beyond the Comfort Zone, seorang pemimpin harus berani mendorong dirinya untuk keluar dari zona nyaman, hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki keadaan. Karena jika stay pada zona nyaman akan membuatnya sulit untuk berkembang, tidak meningkatkan kretifitasnya, dan juga membuatnya kurang open minded. Sehingga pelu keluar dari zona nyaman, dengan mencoba hal baru tetapi tetap mempertimbangkan kebijakan dan melihat situasi yang ada.
  • Courage Means Asking for What You Want and Saying What You Think, seorang pemimpin berani dalam berbicara baik itu untuk menanyakan ataupun mengungkapkan, karena pemimpin harus bisa mempengaruhi orang lain. Ketika pemimpin tidaak memiliki keberanian untuk menanyakan suatu hal kepada pegawainya, tentu saja itu akan menjadi hambatan, sehingga akan sering terjadi miscommunication, sehingga keberanian dalam menanyakan ataupun berbicara apa yang dia pikirkan itu perlu, untuk mengembangkan dan mempengaruhi pegawainya. Biasanya apa yang selalu disebutkan oleh pemimpin itu akan tertanam didalam diri seoarang pegawainya, sehingga dapat dijadikan acuan atau pedoman atau reminder.

Contoh Pemimpin yang berani yaitu Steve Jobs yang merupakan mantan CEO dari Apple inc. dimana dia memiliki keberanian dalam mengambil risiko, seperti keberanian nya dalam memutuskan untuk mengundurkan diri dari Apple dan membangun perusahaan teknologi yang lain, yaitu NeXT. Karena keberanian nya tersebut membawanya kembali pada Appel dan kembali menjabat sebagai CEO, karena ia memiliki ide kreatif sehingga Apple memustuskan untuk mengakuisisi NeXT pada tahun 1996. Itu merupakan contoh singkat dari Keberanian Steve Jobs 

Keberanian Steve Jobs dalam keluar dari zona nyaman, untuk terus mengembangkan kreatifitas, dan ide-idenya patut dicontoh, karena dengan berani mengambil risiko tinggi tentu saja akan membawa keuntungan yang jauh lebih tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline