Lihat ke Halaman Asli

Diannita Harahap

TERVERIFIKASI

Microbiologist

Sinergi 4 Jenis "Rumah Bersih" dalam Kehidupan

Diperbarui: 11 Mei 2023   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi rumah, ilustrasi halaman, ilustrasi halaman depan rumah. (sumber: SHUTTERSTOCK / Susan Schmitz via kompas.com)

Halo Kompasioner! Sehat semua ya. Senang bisa kembali terikat pandangan dan pemikiran via tulisan ini.

Di antara kita mengenal rumah dengan fungsinya sebagai naungan fisik dari terpaan cuaca ektrem ekternal, tempat beristirahat dan kembali pulang berkasih sayang dan bercengkerama dengan yang tersayang. 

Fungsi tersebut sudah tepat. Lebih dari itu dalam ulasan ini kita akan melihat fungsi rumah lebih luas dalam kehidupan.

FYI, tulisan ini dikembangkan dari video pendek seorang kreator digital yang peduli pada isu sustainability yaitu Astri Puji Lestari. Mari berdiskusi.

1.  Jiwa, Raga dan Pikiran (Mind, Body and Soul)

Ketiga komponen jiwa, raga dan pikiran merupakan aset yang tak ternilai. Keseimbangan ketiganya menjadikan seseorang bergerak produktif. Bagi penulis, ketiganya merupakan “rumah” pemberian Sang Pencipta. 

Bagaimana menjaga rumah ini tetap sehat, nyaman untuk ditinggali dan keberlangsungannya bermanfaat bagi orang lain di sekitar. 

Dalam buku Tasawuf Modern karya Buya Hamka mengulas bahwa kebahagiaan manusia datang dari kesehatan jiwa dan fisik. Fisik yang sehat menjadikan pikiran terbuka, akal menjadi cerdas dan jiwa menjadi bersih.

Ketiganya merupakan rumah pertama bagi manusia. Sebagaimana kepemilikan rumah pertama, biasanya sangat istimewa. Kita jaga dan rawat.

Jika belakangan ada sebutan “rumah tumbuh” maka dapat dianalogikan sebagai usaha pengembangan rumah pertama tadi. 

Biasa pengembangan dilakukan jika sudah kenal benar seluk beluk “rumah” dan telah yakin mendapatkan rasa aman dan nyaman dari kepemilikan hakiki atas “rumah” yaitu jiwa, raga dan pikiran kita sendiri. Pengembangan diri dalam konteks ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline