Lihat ke Halaman Asli

Resensi dan Ulasan Novel Hujan Terakhir by Karimatul Jannah

Diperbarui: 12 Desember 2023   20:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: https://www.instagram.com/shinnamedia24/

  • Identitas Buku

       Judul Buku          :  Hujan Terakhir

       Penulis                  : Karimatul Jannah

      Penerbit                 : Shina Media Publishing

      Tahun Terbit        :  April, 2022

      Jumlah halaman :  368 halaman

  • Sinopsis

     “Bu, semua boleh pergi, aku nggak bakal sepi selama Ibu ada di sini.” 

     “Kalau Ibu yang pergi?” 

     “Aku mati.” 

     * 

Di depan banyak orang, Kenzo adalah remaja nakal biang onar yang tak henti membuat keributan, sedangkan di mata Ibunya, ia tidak lebih daripada bayi besar yang haus perhatian, yang tidak akan bisa tidur jika sang Ibu tidak mengusap rambutnya terlebih dahulu. Kemudian Kenzo akan bercerita tentang apa saja dengan penuh semangat sampai dia menguap lalu terlelap dalam tidur nyenyak. Wanita yang Kenzo panggil Ibu itu selalu lebih tahu segalanya dibanding orang tua anak itu sendiri. Bagaimana harinya, berapa nilainya, siapa temannya, masalah apa yang dia perbuat hari ini. Semuanya, termasuk gadis yang berhasil membuat Kenzo jatuh cinta untuk pertama kalinya. Gadis penyuka hujan yang kemudian menempatkan posisi tinggi di hati anak kesayangannya. Kepada gadis itu, Kenzo jatuh sangat jauh, tenggelam terlalu dalam bahkan sebelum tahu banyak hal. Kenzo  tidak sadar jika gadis itu menyimpan banyak rahasia yang siap membuatnya lebih terluka.  

  • Resensi dan ulasan

     Novel ini merupakan novel kedua yang saya baca dari penulis Karimatul Jannah. Sebelumnya saya sudah terlebih dahulu menyelesaikan baca novel Dady Angry karya penulis itu juga. Buku yang berjudul Hujan Terakhir ini salah satu kisah diadaptasi dari  wattpad oleh penulis Karimatul Jannah dengan nama pena di wattpad yaitu @PelangiMimpi7. Yang membedakan cerita di buku ini dengan yang ada di wattpad yaitu terletak pada penambahan beberapa bab di akhir cerita. Alur cerita yang digunakan oleh penulis adalah kombinasi alur maju mundur. Sudut pandang yang digunakan oleh penulis adalah sudut pandang orang ketiga di mana penulis mengetahui segala hal yang ada dalam kisah ini.

    Cover buku yang cantik dengan latar lebih dominan berwarna biru tua mengandung kisah kesedihan perihal kehidupan Kenzo yang penuh haru biru. Sosok karakter Kenzo adalah sosok remaja yang tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tua kandungnya. Orang tua kandung Kenzo tidak pernah memberikan kasih sayang kepada Kenzo. Papa kandung Kenzo selalu pulang ke rumah Mama tiri, Ibu kandung Kenzo selalu pulang ke rumah papa tiri sedangkan Kenzo tinggal sendiri bersama ARTnya sejak bayi. Menurut saya orang tua Kenzo adalah definisi gambaran orang tua yang tega. Lantas karena tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya itu membuat Kenzo memanggil ART yang bekerja di rumahnya dengan sebutan ibu, nama ARTnya itu Muliani atau biasa di sebut Bi Ani. Kenzo sangat sayang dengan Bi Ani karena dengan Bi Ani Kenzo bisa mendapatkan kasih sayang sesungguhnya selayaknya orang tua kepada anak, dengan Bi Ani Kenzo bisa bercerita tentang keluh kesahnya mulai dari apa yang dia perbuat hari ini, siapa saja temannya, nilai yang ia dapat dari sekolah, hingga sosok perempuan yang ia cintai yaitu Asyifa Jihan Thalita atau biasa di sebut Jihan. Kepada gadis penyuka hujan itu Kenzo jatuh cinta sampai sejatuh jatuhnya. Kenzo rela berkorban apapun demi Jihan bahkan ia siap rela bertaruh nyawanya. Tanpa disadari oleh Kenzo perempuan itu juga banyak menyimpan rahasia yang bisa membuat hati Kenzo terluka dan kecewa. Di sekolah Kenzo memiliki geng yang bernama Alonza. Geng tersebut terdiri dari 5 anggota inti. Anggota geng tersebut terdiri dari Kenzo sebagai ketua geng, Rey, Zidan, Willy dan Amber. Bagi Kenzo grup Alonza adalah segalanya. Karena anggota Alonza memperlakukannya lebih dari sahabat dan grup tersebut selalu ada di sisi Kenzo di kala senang maupun susah.

Sumber gambar : Novel Hujan Terakhir, by Karimatul Jannah halaman  15.

Rangkaian setiap alur dan konflik  dan disusun rapih oleh penulis. Sehingga akan membuat pembaca akan terhanyut dalam suasana kisah yang ada. Penyelesaian setiap konflik oleh penulis dieksekusi dengan baik dan jelas, walaupun berakhir dengan kesedihan di akhir kisah. Bahasa yang diterapkan oleh penulis dalam kisah novel ini adalah bahasa non formal sehari - hari, sehingga pas digunakan untuk para tokoh yang ada dalam kisah ini yang  dominan banyak di usia remaja.  Kisah dalam novel ini tidak hanya mengisahkan sebatas percintaan khas remaja , keluarga tetapi juga arti persahabatan. Banyak pesan - pesan moral yang bisa dipetik oleh pembaca salah satu di antaranya adalah tetap sayangi anak - anakmu, didik mereka dengan baik, karena mereka adalah anugerah terindah yang di titipkan oleh Tuhan. 

•Kekurangan Novel Hujan Terakhir

Terdapat beberapa adegan perilaku kekerasan seperti berantem dan kata - kata kasar umpatan, sehingga tidak patut di contoh.  

  Akhir kata Overall menurut saya novel ini menarik. Novel ini bisa dijadikan bacaan santai di kala waktu senggang.








BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline