Lihat ke Halaman Asli

Dian Fatimah Azzarah

Universitas Diponegoro

Mahasiswa Undip Mengenalkan Implementasi Pancasila dalam Kehidupan untuk Siswa-Siswi SD Bumiharjo

Diperbarui: 12 Agustus 2023   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bumiharjo, Wonogiri (10/08/2023) - Desa Bumiharjo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Di desa tersebut terdapat dua sekolah dasar, yaitu SDN II Bumiharjo dan SDN III Bumiharjo. Sebagai wujud peningkatan pengamalan nilai-nilai Pancasila yang terkhusus pada nilai kejujuran, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melaksanakan program pengenalan dan pengimplementasian nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Program kerja Pengenalan Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari dilaksanakan dua hari, yaitu pada hari Jumat, 4 Agustus 2023 untuk SDN III Bumiharjo dan kedua pada hari Rabu, 9 Agustus 2023 untuk SDN II Bumiharjo. Program di SDN III Bumiharjo dilaksanakan untuk siswa-siswi kelas 5 dan 6 yang berjumlah sekitar 17 orang, sedangkan program di SDN II Bumiharjo dilaksanakan untuk siswa-siswi kelas 6 yang berjumlah 12 orang.

Materi yang disampaikan terdiri dari isi Pancasila, Sejarah Pancasila, makna dan lambang Pancasila, implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan pentingnya pelajaran kewarganegaraan. Kegiatan bertajuk “Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari” tersebut dilakukan dalam bentuk sosialisasi dua arah antara mahasiswa KKN Undip yang menggunakan aplikasi PowerPoint dalam penyampaian dan siswa-siswi kelas 5 dan 6 SDN II dan III Desa Bumiharjo selaku audience dalam program tersebut.

Selain pengenalan terhadap siswa-siswa, terdapat program berkelanjutan bagi sekolah dasar berupa kantin kejujuran. Kantin kejujuran merupakan tempat jajan bagi siswa yang tidak dijaga oleh siapapun. Mereka yang akan membeli jajan harus memasukkan ke dalam kotak uang yang telah disediakan tanpa ada pengawasan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan salah satu nilai yang terdapat pada Pancasila, yaitu nilai kejujuran bagi siswa-siswi sekolah dasar.

Dokpri

Penulis : Philip Raphael Theodore – Fakultas Hukum

DPL : Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.

Lokasi : Desa Bumiharjo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline