Lihat ke Halaman Asli

Dian Fatimah Azzarah

Universitas Diponegoro

Petualangan Dadu Angka Menyelami Statistika dan Matematika di SD Bumiharjo

Diperbarui: 12 Agustus 2023   23:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bumiharjo, Wonogiri (11/08/2023) -- Pengajaran matematika dan statistika sering kali dianggap rumit dan membingungkan. Namun, dengan pendekatan yang tepat dan penggunaan media yang kreatif, pembelajaran bisa menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. 

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Desa Bumiharjo melakukan pengenalan statistika dan matematika menggunakan media pembelajaran dadu angka kepada siswa Sekolah Dasar (SD) kelas VI. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 2 Bumiharjo dan SDN 3 Bumiharjo dengan lingkup kegiatan meliputi cara menyusun data dalam bentuk tabel dan diagram serta pengenalan dasar perhitungan 3M (mean, median, modus) dan rentang menggunakan dadu angka sebagai daya tarik. Permainan dadu angka menunjukkan untuk memperoleh data angka dari setiap pelemparan dadu yang dilakukan siswa. Data yang diperoleh akan dihitung 3M (mean, median ,  modus) dan rentang. Siswa sangat berantusian dan senang pada sesi pembelajaran sambil bermain dadu. Kegiatan ini merupakan implementasi SDGs nomor 4 yaitu Quality Education atau Pendidikan berkualitas.

Dokpri

Dokpri

Dengan pendekatan yang kreatif dan interaktif, pembelajaran statistika dapat menjadi lebih mudah dipahami dan menyenangkan. Melalui pendekatan ini, siswa dapat membangun dasar pemahaman statistika yang kuat dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membangun dasar literasi data sejak dini, mereka akan lebih siap menghadapi dunia yang semakin diperkaya oleh informasi dan angka.

Penulis : Dian Fatimah Azzarah -- Fakultas Sains dan Matematika

DPL : Dr. Eng. Samuel, S.T., M.T.

Lokasi : Desa Bumiharjo, Kecamatan Nguntoronadi, kabupaten Wonogiri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline