Lihat ke Halaman Asli

Dian Falasifah

Walisongo State Islamic University | Math Education XXI

Telomoyo Satu-satunya Gunung di Jawa Tengah yang Bisa Digapai dengan Kendaraan!

Diperbarui: 14 Juli 2023   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gn. Telomoyo

Siapa nih yang bm banget naik gunung tapi nggak mau capek? Ada loh gunung yang bisa didaki pakai kendaraan. Nggak akan ada lagi alesan capek jalan kaki untuk bisa sampai di puncaknya nih. Gunung mana sih ini? Yuk kita simak bersama!

Gunung Telomoyo, gunung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Terbilang cukup pendek, gunung ini memiliki ketinggian hanya 1.894 di atas permukaan air laut (1.894 mdpl). Untuk bisa sampai di puncaknya pun hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari pintu pos.

"Hah kok bisa waktu yang dibutuhkan sesingkat itu?"

Iyaa karena selain pendek, gunung ini juga bisa didaki dan digapai dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil. Adanya akses jalan yang bisa dilewati, memudahkan pengunjungnya untuk bisa merasakan bagaimana muncak tapi tidak capek. Selain itu, kalian juga tidak perlu takut kesasar atau tersesat, karena di jalan sudah ada runtutan rute dan petunjuk jalan sampai di puncaknya.

View dari Gn. Telomoyo

Gunung ini bisa didaki via 2 jalur, yaitu via Dalangan (Pandean, Kabupaten Ngablak) dan Pagergedog (Sepakung, Kabupaten Semarang). Tiket yang harus dibayarkan juga tidak mahal, kita hanya merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja per orangnya.

Oh iya karena kita sebagai pengunjung belum tau dan paham pasti mengenai kondisi medan di sepanjang jalan menuju puncak, kita tidak diperbolehkan mengendarai maupun menaiki mobil pribadi untuk melewati dan mendaki gunung ini. Tapi tenang di pos sebelum kita menaiki gunung ini disediakan tempat penyewaan jeep, baik via Dalangan maupun Pagergedog. Biaya untuk menyewa jeep ini juga cukup terjangkau untuk rombongan 4-5 orang, harga yang dibayarkan Rp400.000 hingga Rp1.000.000. Untuk harganya tergantung kita memilih paketnya, adapun harga itu sudah include dengan tour guide dan spot-spot yang telah ditentukan.

Murah biaya dan mudah untuk diakses. Bagaimana nih, tertarik untuk main ke sini? 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline