Lihat ke Halaman Asli

Dian Burhani

Science writer

Bagaimana Cara Meminta Izin Absen Sekolah Anak di Belanda?

Diperbarui: 13 September 2024   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen Pribadi)

Sekolah dasar adalah salah satu hal yang wajib di Belanda. Setelah berumur 4 tahun, para orangtua akan disurati dari pemerintah daeerah setempat (Gemeente) untuk menanyakan apakah anaknya sudah terdaftar sekolah atau belum. Semua orang ya, bukan hanya warga asli Belanda tapi juga yang memiliki resident permit (semacam KTP).

Begitu juga yang terjadi dengan saya. Pada saat anak saya sudah mendapat resident permit, saya kemudian disurati untuk menanyakan apakah saya sudah mendaftarkan anak saya di sekolah. Usia 4-6 tahun anak-anak akan ditempatkan di Grup 1 dan 2 (setingkat Taman Kanak-Kanak (TK) di Indonesia).

Sama seperti TK pada umumnya, anak-anak akan belajar sambil bermain. Setelah umur 6 tahun, anak-anak akan naik tingkat ke Grup 3 (setara dengan kelas 1 SD di Indonesia).

Di Belanda, sekolah bukan hanya wajib tapi juga gratis. Kehadiran dan keterlambatan juga bukan hal main-main. Setiap sekolah memiliki aplikasi yang digunakan sekolah untuk memberikan pengumuman, komunikasi dengan wali murid, dan berbagi momen-momen kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Jika dirasa memang akan terlambat, wali murid bisa mengabarkan melalui aplikasi tersebut mengenai keterlambatan anak. Tetapi jika tidak dikabarkan, sekolah akan menegur jika kita telat dan kalau hal tersebut berulang, bahkan terancam dikeluarkan dari sekolah.

Walaupun saya sendiri belum pernah menemui orang yang memiliki pengalaman mengenai hal ini, setidaknya peringatan ini disebutkan dalam buku panduan yang diberikan oleh sekolah pada saat hari pertama masuk. Melalui aplikasi tersebut wali murid juga dapat mengabarkan apabila anak izin 1 hari karena sakit atau ada kunjungan ke dokter.

Meminta izin untuk tidak masuk sekolah sebenarnya bukan hal yang sulit. Setidaknya untuk anak-anak Grup 1 dan 2. Lain halnya dengan Grup 3 ke atas, karena tentu saja ketidakhadiran akan menyebabkan anak tertinggal pelajaran.

Pengalaman saya untuk anak Grup 1 dan 2, untuk izin 3 -- 10 hari dapat dilakukan dengan mengisi form yang berisi kapan anak akan tidak masuk sekolah, dimana anak akan berada pada saat izin sekolah dan alasan tidak bisa masuk sekolah.

Sekilas mirip dengan surat izin cuti. Kalau lebih dari 10 hari, bersiap-siaplah untuk meminta izin langsung ke Gemeente. Seperti pengalaman saya kemarin.

Karena urusan riset selama 3 bulan yang harus dilakukan di Indonesia, dan saya hanya berdua dengan anak saya, saya harus memboyong anak saya ke Indonesia dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, saya harus meminta izin ke Gemeente. Kita tidak perlu datang atau mengirimkan email secara langsung ke Gemeente. Permohonan izin bisa dilakukan melalui sekolah. Hal yang pertama dilakukan adalah tentu saja mengabarkan ke guru kelas anak kita, kemudian ke kepala sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline