Lihat ke Halaman Asli

Diana Ana

Mahasiswa

Pajar Giatno, Founder Rumah Baca Komunitas Literasi Bintang Aksara terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia mewakili provinsi Jambi

Diperbarui: 5 Juni 2022   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi : Pajar Giatno

Pajar Giatno mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka, berhasil terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia mewakili Provinsi Jambi.

Pajar berhasil mengalahkan finalis lainnya dalam Serangkaian tahapan seleksi yang begitu panjang dan ketat. Tahapan seleksi mulai dari pemberkasan, wawancara hingga akhirnya dinyatakan lolos mewakili provinsinya.

“Saya pernah gagal lolos di tahun sebelumnya karena kurang persiapan yang matang, lalu ditahun ini saya mencoba untuk mendaftar kembali, tentunya dengan persiapan yang matang. Menjadikan kesalahan ditahun yang lalu sebagai evaluasi buat saya yang mana saja yang perlu saya perbaiki,” ujar Pajar

Pajar mengungkapkan, baginya menjadi perwakilan dalam ajang nasional merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri.

Dalam forum ini, ia mendapatkan pengalaman yang tentunya belum pernah ia dapatkan sebelumnya yang sangat berharga dan bisa menjalin relasi dengan putra puteri terbaik bangsa dari 34 provinsi di Indonesia.

“Sangat senang bisa menjadi bagian dari Duta Inspirasi Indonesia karena kita bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia, disini kita saling berkontribusi, berkarya dan bekerjasama untuk menyebarkan kebermanfaatan seluas-luasnya,” ungkap Pajar

Duta Inspirasi Indonesia merupakan sebuah ajang pemilihan pemuda-pemudi terbaik bangsa dari 34 provinsi di Indonesia yang siap menginspirasi dan berkontribusi. Program ini dibentuk guna menyiapkan putera-puteri terbaik bangsa dalam menyambut bonus demografi serta mewujudkan Indonesia emas 2045.

Pajar adalah sosok pemuda yang menginspirasi, ia di daerahnya membuat sebuah komunitas yang fokus kebidang Literasi. Di komunitas tersebut ia berhasil mendirikan sebuah rumah baca anak dengan harapan bisa membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat, sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di Duta Inspirasi Indonesia ia memilih masuk ke dalam program Duta Inspirasi Library (DIL), karena sangat sejalan dengan apa yang ia sukai, sehingga dengan mudah ia dalam menjalankan program kerja yang telah dibentuk karena sesuai dengan passionnya.

Ia berharap untuk semua generasi muda bisa ikut berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia emas 2045.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline