Lihat ke Halaman Asli

Diana Savitri

Mahasiswa

Pengalaman Magang Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Diperbarui: 27 Desember 2023   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses rak buku masih di shelving

Magang adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun tempat yang ditempati untung magang. Mahasiswa akan memiliki pengalaman kerja setelah magang sebagai bekal untuk meniti karir sesuai jurusan yang diinginkan. Tempat magang juga akan terbantu dengan adanya mahasiswa magang untuk menyelesaikan beberapa masalahnya.

Senin tanggal 28 Agustus 2023 hari pertama memasuki magang pada salah satu sekolah yang ada dipinggiran kota. Kegiatan diawali dengan upacara rutin hari senin bersama warga SMK Negeri 8 Malang dan mahasiswa yang sedang menjalankan AM (Asistensi Mengajar) dari Universitas Negeri Malang dan KPL (Kajian Praktik Lapangan) dari Universitas Islam Malang. Selesai upacara kami saling berkenalan satu sama lain sebelum melanjutkan kegiatan masing-masing.

Tantangan akan selalu ada pada setiap tempat magang khususnya ketika magang di perpustakaan SMK Negeri 8 Malang. Tantangan terbesar yang dialami berupa ketidak-urutan koleksi buku di rak, tidak tertibnya pemustaka saat mengembalikan buku dikarenakan tidak ada drop box pengembalian buku dan sosial media yang kurang aktif. 

Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut yang pertama melakukan shelving dan penyiangan buku pada hampir keseluruhan koleksi di perpustakaan, yang kedua membuat drop box pengembalian buku, dan yang ketika menyelesaikan masalah sosial media dengan  membuat sosial media baru dan mengisi dengan beberapa konten pendidikan pemakai dan konten selingan lainnya untuk meningkatkan interaksi pemustaka.

Pengalaman terbaik yang didapatkan saat magang yaitu mendapatkan pengalaman kerja dan teman-teman beda jurusan yang dapat diajak kerjasama selain itu tidak jarang ketika istirahat kami memainkan game handphone bersama untuk mengisi waktu kosong, pembimbing dan staf perpustakaan tidak masalah dengan itu bahkan staf juga pernah ikut bermain game. Pengalaman baru dalam dunia kerja sebenarnya sangat banyak namun disini akan disembutkan 4 pengalaman yaitu laporan bulanan peminjaman, input data pengunjung secara manual ke slims,  kegiatan shelving dan penyiangan secara nyata, Pada kegiatan magang juga dibantu oleh mahasiswa AM yang sedang ada jadwal piket di perpustakaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline