Lihat ke Halaman Asli

Dian Ariyani Surya

Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Bulan Penuh Berkah Segera Datang

Diperbarui: 3 Maret 2023   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Freepik 

Bulan penuh berkah akan segera hadir, kehadirannya tinggal menghitung hari saja. Bulan yang paling mulia ini menjadi bulan yang paling dirindukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, karena setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan selama bulan Ramadhan semuanya akan mendapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa.

Penetapan awal Ramadhan dalam setiap tahunnya memang sering kali menemui perbedaan antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Meskipun begitu tidak menjadi masalah besar semuanya bisa berjalan sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan imam yang diikuti.

Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan awal Ramadhan Tahun 2023 oleh majlis tarjih dan tajdid pengurus pusat Muhammadiyyah yang menyatakan bahwa bukan suci Ramadhan  jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023, sudah masuk awal Ramadhan atau satu Ramadhan. Lalu waktu 1 Syawal 1444-H atau idul fitri ditetapkan jatuh pada tanggal 21 april 2023.

Sementara untuk NU akan menetapkan Awal Ramadhan yang biasanya mengikuti keputusan Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu melalui sidang isbat terlebih dahulu dengan hasil pemantauan hilal yang sebelumnya telah dilakukan.

Dengan dilipat gandakan segala sesuatu hal baik maka dari itu, banyak sekali umat Muslim yang berlomba-lomba untuk memperbanyak amal ibadah selama bulan suci Ramadhan itu. Salah satunya adalah ibadah yang wajib dijalani oleh umat Islam yaitu ibadah puasa.

Mari sama-sama kita menyambut kehadirannya dengan baik dan semoga ibadah kita semakin baik ditahun ini, Aamiin Allahuma Aamiin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline