Lihat ke Halaman Asli

Dian Ariyani Surya

Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Peran dan Pengaruh Media dalam Proses Pembuatan Kebijakan Luar Negeri

Diperbarui: 19 September 2021   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Foto d37r4.wordpress.com

Media adalah sebuah kata dari bahasa latin dan bentuk jamak dari medium yang memiliki arti perantara atau pengantar. Media sangat berperan dan berpengaruh dalam proses pembuatan kebijakan luar negeri.

Dengan adanya media kita bisa tau peristiwa-periatiwa apa saja yang sedang terjadi, media juga bisa memberikan informasi-informasi penting apa lagi di era modern seperti sekarang ini kita amat sangat membutuhkan media untuk mengetahui berita-berita politik baik berita politik di dalam negeri maupun diluar negeri. Kita bisa lihat bahwa poses pembuatan kebijakan luar negeri terjadi didalam lingkungan dimana itu dilakukan oleh media secara terpisah yang akan membentuk opini publik yang di dekte oleh rezim politik negara (Leader), kebijakan komunikasi pemerintah, struktur ekonomi politik, dan saluran-saluran komunikasi yang spesifik dimana akan menunjukan fungsi-fungsi yang relevan.

Atmosfer yang diciptakan oleh media dapat mencerminkan fenomena kebijakan luar negeri melalui teori agenda buatan yang bisa mempengaruhi proses pembuatan kebijakan dan bisa memaksa para penonton untuk merespon dengan sifat yang spesifik. Proses keterlibatan media dalam proses pembuatan kebijakan luar negeri sangat rumit namun bisa lebih mudah dengan media sebagai sumber input dari pembuatan keputusan dan media sebagai lingkungan yang harus disesuaikan serta dipertimbangkan si pemimpin dalam proses pembuatan kebijakan.

Jadi, peran media sangat penting dan sangat berpengaruh untuk proses pembuatan kebijakan luar negeri. Media juga sebagai The Fourth Estate.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline