Lihat ke Halaman Asli

Diana Ratna Saputri

Mahasiswa UNNES jurusan Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2020

Antusiasme Anak TK Pasigitan 02 dalam Membuat Es Krim Putar

Diperbarui: 13 Juli 2023   07:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Es krim menjadi salah satu makanan favorit anak-anak. Mereka cenderung menyukai makanan dingin ini ketimbang makanan yang lain. Sulit sekali dalam menghentikan anak-anak untuk tidak memakan es krim apalagi es krim memiliki banyak sekali varian rasa. Hal ini membuat anak-anak penasaran dengan rasa lain sehingga ingin membeli terus menerus.

Solusi yang sangat mudah dilakukan oleh orang tua apabila anaknya terlalu sering membeli es krim adalah dengan membuat es krim sendiri. Banyak sekali teknik pembuatan es krim yang dapat dilakukan salah satunya adalah membuat es krim dengan cara diputar. Pembuatan ini tak hanya memperlihatkan bagaimana sebuah susu yang diputar dalam wadah kaleng diatas es batu yang kemudian menjadi es krim namun juga melatih kesabaran anak.

Selasa, 21 Maret 2023 tepat sebelum libur puasa, KKN Tematik UNNES melakukan sebuah program kegiatan bersama adik-adik TK Dharma Rini 02 Pasigitan. Dalam kegiatan tersebut terdapat beragam tahapan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN sebelum menuju ke puncak acaranya. Mengobservasi tentang keantusiasan dan kesukaan adik-adik TK menjadi salah satu hal yang sangat perlu dilakukan sebelum melaksanakan dan memilih kegiatan yang akan dilakukan. Persiapan keperluan yang matang juga persiapan mental sangat diperlukan sebelum kegiatan ini dilaksanakan.

Tanggal 17 Maret 2023, Tim KKN UNNES melakukan observasi sekaligus sosialisasi ke TK Dharma Rini 02 Pasigitan. Banyak sekali informasi yang didapatkan setelah hasil observasi ini yang sangat penting untuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Disambut dengan antusias membuat kadar kegugupan menjadi berkurang dan lebih percaya diri dengan pilihan kegiatan yang akan dilakukan. Adik-adik TK yang aktif dan ramah membuat kegiatan sosialisasi menjadi lebih cepat terlaksana. Penyampaian tentang kegiatan yang akan dilaksanakan juga lebih mudah dengan bantuan ibu guru TK.

Pada hari H kegiatan dilakukan, adik-adik TK membawa es batu peranak, hal ini telah disampaikan pada saat sosialisasi. Program kegiatan ini diawali dengan membaca doa yang dipimpin oleh ibu guru, kemudian dilanjutkan materi tentang es krim putar dan praktek membuatnya. Adik-adik TK maju satu persatu dan bergantian untuk mencoba memutar kaleng yang berisi susu. Tak hanya itu, ibu guru juga ikut membantu memutarkan kalengnya dan mencoba es krim yang sudah jadi.

Setelah dilakukannya program kerja ini diharapkan anak-anak TK Dharma Rini 02 Pasigitan menjadi lebih memahami cara pembuatan es krim yang mereka sendiri bisa membuatnya dirumah. Hal-hal favorit mereka tidak harus dibeli, mereka juga bisa membuat hal yang di inginkan dirumah.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline