Lihat ke Halaman Asli

Dian Aprianto

Principle

Kompetensi Kepala Sekolah di Era Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar

Diperbarui: 17 September 2023   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. SD Kristen Lentera Ambarawa

Hadirnya Kurikulum Merdeka menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kemajuan zaman serta menjawab tantangan kehidupan dimasa depan. Ada beberapa perubahan penting dalam kurikulum ini, mulai dari struktur kurikulum yang lebih fleksibel, fokus terhadap  materi essensial, penggunaan perangkat ajar yang lebih beragam dan pemanfaatan teknologi digital.

Untuk menghadapi perubahan kurikulum yang terjadi, diharapkan semua stakeholder pendidikan dapat segera beradaptasi dengan baik. Oleh sebab itu semua stakeholder di dunia pendidikan perlu untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Kurikulum Merdeka ini. Salah satu yang perlu cepat untuk beradaptasi dengan hadirnya Kurikulum Merdeka adalah Kepala Sekolah. Peran kepala sekolah ini sangat penting. Sebagai pemimpin, kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk memastikan keberhasilan kemajuan pendidikan di sekolahnya, terlebih dalam Implementasi Kurikulum Merdeka yang terjadi baru baru ini.

Lalu pertanyaannya siapakah kepala sekolah itu?

Menurut Wahjosumidjo (1999: 83), Kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah, tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar, atau tempat terjadinya interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran (Usman, 2010).

Secara sederhananya Kepala sekolah merupakan seseorang guru yang diberi kepercayaan, tugas, dan tanggung jawab untuk mempimpin sebuah sekolah. Kepala sekolah juga merupakan seorang pemimpin yang ada di suatu sekolah dimana ia dapat memengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mensupervisi warga sekolah sehingga dapat menjadikan sekolah mengalami kemajuan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kepala sekolah memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kemajuan sekolah dengan keterampilan dan kompetensi khusus. Oleh karena itu, setiap kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang menjadi modal dalam memanagemen kemajuan dan kesuksesan sebuah sekolah sebagai lembaga pendidikan. Sehingga setiap kepala sekolah harus mengerti dan meningkatkan kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk memimpin sebuah sekolah.

Secara etimologi kompetensi diartikan sebagai kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2002), pengertian kompetensi adalah kecakapan, mengetahui, berwenang, dan berkuasa memutuskan atau menentukan atas sesuatu.

Berdasarkan uraian diatas, apa yang menjadi Kompetensi Kepala Sekolah di Era Kurikulum Merdeka?

Dengan melihat Peraturan Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan No 6565/B/GT/2020 Tentang Model Kompetensi Dalam Pengembangan Profesi Guru disebutkan bahwa Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah adalah representasi dari kompetensi kepemimpinan pendidikan yang terintegrasi.

Dok. SD Kristen Lentera Ambarawa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline