Lihat ke Halaman Asli

Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Mandiri_Modul 2.1

Diperbarui: 23 Juli 2023   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kutipan untuk hari ini:

"Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu". (Ki Hajar Dewantara)

Tujuan Pembelajaran:

CGP dapat berbagi pengalaman pibadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar lebih baik lagi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran 1.

Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda?

Refleksi Individu.

Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.

Saya adalah seorang guru SMP dengan mengampu mata pelajaran IPA, merupakan wali kelas 9D, dan juga sebagai Ketua Gudep Pramuka Bimasakti di SMP Negeri 3 Karangtengah. Mengajar dengan segala keberagaman murid-murid di kelas. Mulai dari latar belakang pendidikan orangtua, ekonomi, budaya lingkungan/keluarga, hingga karakter/kepribadian yang sangat berbeda.

Saya memang tidak akan membeda-bedakan dalam memperlakukan mereka, tapi juga tidak menyamaratakan. Saya akan berusaha untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan setiap murid, saya tidak akan mengubah karakter mereka, namun akan menuntun mereka meluruskan hal-hal yang kurang baik dan menebalkan hal-hal yang sudah baik.

Apa yang Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak, apa dampaknya terhadap murid anda?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline