Lihat ke Halaman Asli

Keluarga Mahasiswa Nadhlatul Ulama (KMNU) Universitas Sriwijaya

Diperbarui: 9 Oktober 2023   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketua KMNU 2022/2023 (Dokpri)

Sejarah singkat berdirinya KMNU UNSRI

 Sejarah berdirinya organisasi Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) di Universitas Sriwijaya dilatar belakangi atas Keluarga Besar Mahasiswa NahdlatulUlama (KMNU) di Universitas Sriwijaya (UNSRI) terbentuk sebagai tanggapan atas kebutuhan mahasiswa, terutama yang berasal dari pondok pesantren, untuk memiliki wadah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan berbasis Nahdlatul Ulama seperti tahlililan, yasinan, sowan, maulidan, dan manakib. 

 Awalnya, mahasiswa UNSRI yang Mayoritas berasal dari pondok pesantren merasa kurang memiliki tempat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Dalam upaya untuk mengatasi kekurangan ini, para mahasiswa memutuskan untuk membentuk organisasi yang diberi nama Keluarga Besar Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU UNSRI). Mereka mengajukan permohonan kepada KMNU nasional untuk membentuk cabang organisasi di UNSRI, dan permintaan ini mendapat persetujuan. 

Sebagai hasilnya, KMNU UNSRI terbentuk dan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan aktivitas berbasis Nahdlatul Ulama serta memperkuat ikatan keagamaan dan kultural di lingkungan kampus UNSRI, khususnya di Palembang. Setelah itu, munculah banyak pemikiran dan keragaman harapan yang menginginkan hadirnya komunitas Nahdlatul Ulama di Universitas Sriwijaya. Akhirnya, pada tanggal 04 Oktober 2015 lebih tepatnya 20 Dzullhijjah 1436H para perintis mengadakan forum silaturahim untuk membentuk organisasi KMNU di masjid Al-Ghazali kampus Indralaya Universitas Sriwijaya, sekaligus peresmian terbentuknya organisasi Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama di Universitas Sriwijaya (Buku Profil KMNU).

Struktur dan Visi Misi Anfidziah KMNU 

1. Nama Kelompok Organisasi : Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU)

 2. Alamat Kelompok Organisasi: Jl. Lintas timur KM 35 Indralaya,Ogan
Ilir,Sumatra, Selatan, kode pos: 30062

3. Pembina: Zainal Fanani, M.Si/Dr. 2.Izzah Zen Syukri,
S.Pd,.M.Pd
 

4. Ketua Umum: Verdy Hermanto Pratama

5. Sekretaris Jenderal: Aulia Novianti

6. Sekretaris Umum: Rani Safitri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline