Lihat ke Halaman Asli

Diana F Singgih

baru belajar menulis

Apakah anda FOMO?

Diperbarui: 12 Agustus 2024   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto pribadi

Ketika ada sesuatu yang sedang viral di media sosial, seberapa kuat keinginan anda untuk mencoba?

Kehadiran internet di genggaman tangan mendekatkan masyarakat pada informasi dari seluruh penjuru bumi dalam waktu singkat. Penjualan iPhone misalnya. Publik bisa mendapatkan info kapan seri terbaru akan mulai dijual, dan mereka langsung antre di depan store iBox hingga mengular panjang. Hal serupa terjadi ketika Swatch mengeluarkan edisi jam mewahnya beberapa tahun lalu. Saya ingat kala itu ada beberapa teman yang hunting sampai ke luar negeri karena di Jakarta sold out. 

FOMO, fear of missing out. Takut ketinggalan jaman.

Sebagian orang membeli barang yang baru direlease karena memang suka, dan sebagian lagi karena FOMO. Apalagi di kalangan anak muda yang merasa adanya peer pressure kalau dia tidak mengenakan sepatu atau jam tangan dari merk yang sama seperti teman-temannya, atau makan di cafe kekinian yang diviralkan selebgram. 

Partisipasi di kegiatan olahraga juga bisa menjadikan seseorang fomo. Ada beberapa event lari favorit di Indonesia yang selalu sold out slotnya dalam beberapa jam begitu diumumkan. Seperti Pocari dan Maybank Bali Marathon. Belakangan ini sepertinya makin banyak penggandrung olahraga lari ini. Ada juga yang tadinya ikut-ikutan berubah kecanduan. Setiap minggu di CFD Sudirman hampir selalu ada kegiatan lari atau jalan sehat yang pesertanya banyak.

Padahal sesuatu yang viral tsb tidak selalu murah. Bahkan harga slot untuk lari di Bali Marathon 2024 misalnya, untuk 10K saja Rp650,000. Belum termasuk tiket pesawat dari kota asal, dan kamar hotel di Bali paling tidak untuk 1 malam. 

Sebagian ada yang ikutan lari hanya karena sedang happening. Bisa foto di start line dengan jersey dan bib number, foto di bawah finish line dengan menggigit medali, wah gaya sekali. Pasti banyak yang ng-like di medsosnya. Kalau HM apalagi FM, tidak cocok untuk yang sekedar FOMO. Berat sekali karena perlu latihan dan determinasi yang kuat.

Tapi mengisi konten di medsos dengan catatan lari yang bagus memang membanggakan. Makanya sampai ada joki strava yang sempat viral beberapa waktu lalu. Hal ini sempat jadi bahan obrolan di komunitas lari yang memang isinya pelari betulan, bukan yang ikut-ikutan. Heran sih, lari itu olahraga. Olahraga itu semestinya harus disiplin, targetnya sehat, meraih personal best yang lebih baik dari sebelumnya. Dan yang penting jujur.  

FOMO yang gak terlalu mahal adalah mengejar makanan viral. 

Misalnya croffle (croissant waffle) yang sempat ngehits dan membikin semua gerai pastry menjual menu croffle, tahun lalu muncul cromboloni (croissant bomboloni), lalu cronigiri (croissant onigiri). Nah tapi yang terakhir ini sampai saat ini saya belum mencicipi. Sepertinya tidak seviral croffle waktu itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline