Lihat ke Halaman Asli

Diana Aulia Ardani

Akuntansi Perpajakan

Sukseskan Pengembangan UKM Gula Jawa, Mahasiswa Undip Lakukan Pelatihan Mengenai Strategi Pemasaran Media Sosial untuk Penguatan Penjualan

Diperbarui: 10 Februari 2023   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Paranggupito, Wonogiri (2/2/2023). UKM adalah singkatan untuk Usaha Kecil dan Menengah. UKM sering kali disebut sebagai sektor bisnis untuk mendapatkan penghasilan yang berlipat ganda. UKM sendiri ternyata telah berhasil mendorong orang beralih ke sektor bisnis ini karena banyak peluang dan penghasilan yang menggiurkan. UKM memiliki peran yang sangat penting di Indonesia, bahkan dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang diciptakan oleh kampus dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Salah satunya adalah mahasiswa KKN Reguler Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023, Diana Aulia. Kali ini, program KKN menjadi salah satu cara untuk mengenalkan mahasiswa agar dapat terjun langsung ke lapangan. KKN Reguler Tim 1 Universitas Diponegoro berkesempatan mengadakan kunjungan ke sebuah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Wisata Paranggupito.

Desa Wisata Paranggupito merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Desa Paranggupito cukup dekat dengan pantai sehingga banyak ditumbuhi pohon kelapa. Pohon kelapa menjadi salah satu potensi yang ada di Desa Paranggupito, karena nira yang dihasilkan dari pohon kelapa tersebut dapat diolah menjadi gula jawa asli dan berkualitas.

UKM Gula Jawa di Desa Wisata Paranggupito menghasilkan produk gula jawa asli dan berkualitas. Untuk mendukung hal tersebut, mahasiswa KKN Reguler Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023 melakukan pelatihan pada pelaku UKM di Desa Wisata Paranggupito mengenai Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Untuk Penguatan Penjualan Usaha Gula Jawa di Desa Wisata Pranggupito.

dokpri

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan pelaku UKM mengenai strategi pemasaran digital yang dapat mengembangkan dan meningkatkan penjualan UKM itu sendiri. Sasaran dari kegiatan ini adalah para pelaku UKM di Desa Wisata Paranggupito. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, mahasiswa telah melakukan survei ke beberapa UKM yang ada di desa. Survei dilakukan selama 1 minggu, dari tanggal 9-15 januari 2023.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline