Lihat ke Halaman Asli

Diana Ilmiatul Azzizah

Kesehatan Masyarakat UNUSA

Scabies

Diperbarui: 13 November 2021   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei. Scabies pada anak dapat menyebabkan kulitnya sangat gatal dan luka akibat digaruk. Penyakit ini mudah sekali menular dan perlu segera diobati. Kondisi sangat gatal dan menular pada kulit yang disebabkan oleh tungau kecil di dalam kulit. Kudis menular dan cepat menyebar melalui kontak fisik dekat dalam keluarga, sekolah, atau panti jompo. Gejala kudis yang paling umum adalah rasa gatal yang amat sangat di area tungau bersarang.

Kudis dapat diobati dengan membunuh tungau dan telurnya menggunakan penerapan obat dari leher ke bawah, lalu dibiarkan selama delapan jam. Tungau juga dapat dibunuh menggunakan obat-obatan oral.

Kutu penyebab scabies atau kudis dapat menular jika terjadi kontak langsung dengan kulit penderita, tidur berdekatan dengan penderita, atau menggunakan pakaian dan handuk yang dipakai oleh penderita. Kutu penyebab scabies akan masuk ke dalam lapisan kulit untuk hidup dan berkembang biak. Kotoran, air liur, dan telur yang mereka tinggalkan di kulit akan menimbulkan berbagai gejala alergi, Oleh karena itu, jika anak menderita scabies, seluruh anggota keluarga juga harus diperiksa dan diobati.

Penyakit ini lebih sering kita temui di lingkungan pondok pesantren. Karena di lingkungan pesantren kita hidup berdampingan dengan banyak orang. Dan kita harus bisa menyeimbanginya dengan adaptasi dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, lalu kita juga harus menjaga alat makan atau alat mandi pribadi agar tidak boleh digunakan untuk bergantian. 

Scabies ini sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut: gatal, adanya ruam, muncul luka, kulit berkerak. Apabila sudah terlanjur memakai barang bersama, hendaklah mencucinya dengan air hangat agar steril kembali dari virus-virus atau kuman yang menempel pada barang tersebut.

Pengobatan scabies bisa melalui tradisional, seperti:

  • Lidah buaya yang memiliki sifat kuratif dan sangat baik untuk merawat kulit gatal, karena mengandung zat antibakteri. Cara pengobatannya dengan mengoleskan gel lidah buaya dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini sebanyak dua kali sehari.
  • Tea tree oil yang mengandung zat antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi yang dapat menghilangkan parasit sarcoptes scabiei dan telurnya. Cara pengobatannya dengan membersihkan bagian yang terkena kudis menggunakan bola kapas terapkan campuran kedua minyak tersebut pada kulit kamu. Ulangi proses ini dua kali sehari selama tiga minggu.
  • Minyak cengkeh yang memiliki sifat anti-mikroba, anestesi, dan antioksidan yang dapat menyembuhkan. Minyak cengkeh juga merupakan insektisida yang efektif membunuh parasit. Caranya dengan mencampurkan minyak kelapa, kemudian mengoleskannya pada kulit yang mengalami kudis. Lakukan perawatan ini selama 2-3 minggu.

Penyakit scabies ini tidak hanya menyerang manusia, akan tetapi pada hewan juga. Penyakit ini merupakan penyakit ektoparasit utama yang menyerang bagian kulit hewan ternak ruminansia (kambing, domba, sapi dll). Scabies terutama menyerang kambing dan kelinci, serta dapat menular ke manusia (bersifat zoonosis). Cara pengobatan scabies pada hewan ini bisa melalui 2 cara, yaitu dari luar seperti mengolesi dengan minyak kelapa atau obat-obatan yang disarankan dari dokter, cara pengobatan yang kedua dari dalam yaitu dengan obat suntikan yang disuntik kedalam tubuh hewan tersebut.

 Dari penyakit ini, bisa disimpulkan bahwa menjaga kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan makhluk hidup. Karena menjaga kesehatan tidak dari pola makanan saja, tetapi juga dari kebersihan pola hidup kita. Maka dari itu, marilah kita memperbaiki pola hidup kita menjadi yang lebih baik agar senantiasa sehat wal 'afiyat. Dan semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh tuhan yang maha esa. 

Nama : Diana Ilmiatul Azzizah

NIM    : 2130021018

Prodi  : S1 Kesehatan Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Tugas UTS Bahasa Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline