Lihat ke Halaman Asli

Menarik! Mahasiswa KKN-T UPI Membuat Program Kerja Bakti Desa Cibeureum Menjadi Hidup Kembali

Diperbarui: 20 Agustus 2022   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KKN merupakan suatu  kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa yang umumnya bertempat di daerah setingkat Desa, dengan durasi kegiatan kurang lebih 30-40 hari lamanya. Kelompok 159 KKN-T UPI Kampus Sumedang yang menyelenggarakan kegiatan KKN di Desa Cibereum Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, memiliki tema kegiatan yang diusung yaitu ‘Desa Sehat dan Sejahtera’. Anggota kelompok yang berkegiatan di Desa Cibereum ini terdiri dari 6 orang Mahasiswa yaitu Asru, Mohamad Rizki, Diana Fatimah Ratnasari, Zahra Muthia Nisrina Farhah, Resta Restina, dan Chintia Amelia, yang diketuai oleh Asru. Kegiatan ini juga berlangsung sejak 11 Juli 2022 hingga 10 Agustus 2022, dengan berbagai kegiatan untuk mewujudkan desa yang sehat dan sejahtera.

Lingkungan merupakan salah satu hal penting yang perlu dijaga dan dirawat keberadaannya. Oleh karena itu, kesadaran dari masyarakat sekitar untuk memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungannya perlu ditingkatkan karena kebersihan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat di suatu tempat.

Salah satu program yang dapat mendukung terwujudnya lingkungan bersih dan sehat adalah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama, misalnya gotong royong dalam program kerja bakti lingkungan. Program kerja bakti di lingkungan sekitar sangat berperan penting dalam menjaga kebersihan lingkungan setempat dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh  masyarakat itu sendiri.

Sekelompok mahasiswa KKN-T UPI Kampus Sumedang menyelenggarakan program kerja bakti lingkungan sebagai upaya dalam mewujudkan desa yang sehat dan sejahtera di Desa Cibeureum.

Pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat setidaknya sekitar 30 warga Blok Babakan Sari Desa Cibeureum dan didampingi bersama mahasiswa KKN-T Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang dalam melakukan kerja bakti lingkungan. Program ini diselenggarakan di Blok Babakan Sari Desa Cibeureum pada hari Jum'at, 5 Agustus 2022. Kerja bakti dilakukan mulai dari sekitar pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Menurut informasi dari sebagian warga Desa Cibeureum, selama dua tahun terakhir ini Desa Cibeureum tidak melakukan program kerja bakti. Padahal sebelumnya selalu melakukan kerja bakti. "Sudah dua tahun, kami tidak melakukan kegiatan kerja bakti bersama, tetapi setelah adanya program kerja bakti yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-T UPI akhirnya bisa membuat kebiasaan kerja bakti itu tumbuh kembali." Ujar Bapak H. Enju Harja Sutisna, S.Ag. selaku warga Desa Cibeureum, pada Jum'at (05/08/22).

Pak Agus Sopar Sodik, S.IP sebagai Kepala Desa Cibeureum berharap dengan adanya program kerja bakti dapat membangkitkan semangat dan mengeratkan kerjasama di antara masyarakat Desa Cibeureum dalam hal memperhatikan dan menjaga kebersihan di Desa Cibeureum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline