Lihat ke Halaman Asli

Diana

Mahasiswa

KKN Kolaborasi Kelompok 063 di Desa Mrawan tentang Kunjungan UMKM Pengusaha Bawang Merah

Diperbarui: 19 Agustus 2024   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kunjungan UMKM pengusaha bawang merah di Desa gumuk suda/dokpri


Kelompok KKN kolaboratif 063 di Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember melaksanakan program kerja salah satunya mengunjungi rumah salah satu pengusaha bawang merah yang berada di Dusun Gumuk Sudah . 

Pemilik UMKM Bawang Merah adalah Bapak Hasbulloh yang meneruskan usaha orang tua nya dari tahun 2008 sampai sekarang. Para pekerja dari tahun ke tahun semakin banyak dan sekarang para pekerja di rumah Bapak Hasbullah sekita 85 orang. Setiap hari para petani menyetorkan hasil panen bawang merah kepada Bapak Hasbullah setelah itu para pekerja menjemur bawang merah tersebut sekitar 3 hari lalu memotong daun-daun yang berada pada bawang merah tersebut dan meletakkan pada karung, setiap karung beratnya 26Kg sampai 28Kg yang nantinya disetorkan ke pasar-pasar yang berada di jember yaitu Pasar Tanjung, Pasar Mayang dan Pasar Kalisat. Dan setiap hari Bapak Hasbullah bisa mengirimkan 3 ton Bawang Merah kepada konsumen. Yang dijual oleh BapakHasbullah bukan hanya bawang merah, istrinya pun menjual Bawang Merah goreng yang dijual di Pasar.


Hambatan dalam menjalankan usaha yaitu harga bawang merah yang tidak stabil, faktor cuaca yang tidak mendukung, banyaknya pesaing, kualitas bawang merah yang tidak segar dan banyak yang rusak. Sehingga harus beradaptasi dan mencari Solusi atau ide inovatif untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline