Lihat ke Halaman Asli

Diana Pujiatie

Guru Biologi di SMAN 1 Pulaupanggung Tanggamus Lampung

Catatan Lokakarya 1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Tanggamus

Diperbarui: 5 Desember 2022   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengajar Praktik dan CGP Angkatan 7 Kabupaten Tanggamus. dokpri

Salam Guru Penggerak !

Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung menggelar Lokakarya 1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 kabupaten Tanggamus di SDN 1 Gisting Bawah pada hari Minggu, 27 November 2022 diikuti oleh calon guru penggerak dan pengajar praktik. Selain itu dihadiri juga panitia dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus dan BGP sebagai tim monitoring dan evaluasi.Pada lokakarya 1 angkatan ke-7 dibagi menjadi 4 kelas dengan tiap-tiap kelas terdiri dari 2 pengajar praktik dan 10 calon guru penggerak. 

 Kelas yang dibentuk  berbeda dengan lokakarya orientasi dengan tujuan agar   saling mengenal  . Kegiatan lokakarya 1 dimulai dengan perkenalan.Pengajar Praktik mengajak bermain koboi. Calon guru penggerak  di kelas tersebut diminta membentuk lingkaran, dan Pengajar Praktik  yang bertindak sebagai koboi. Siapa yang kena tembak harus jongkok, sedangkan yang berada di kanan kiri orang yang tertembak harus cepat menyebutkan nama temannya. Permainan berlangsung seru, dan tidak terasa semua jadi saling mengenal.Setelah perkenalan, kegiatan dilanjutkan dengan membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan belajar ini  berlaku  hingga proses belajar selesai di sore hari.

 Aktivitas pembelajaran  pada lokakarya 1 yaitu  calon guru penggerak belajar untuk bisa membentuk komunitas praktisi sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi pemimpin pembelajaran dalam menggerakkan ekosistem pendidikan disekolahnya.Tahapan pembelajarannya adalah sebagai berikut :

1.Kepemimpinan dalam diri (Aktivitas untuk menjelaskan hubungan mindset  

    pemimpin pembelajaran di konteks sekolah)

2. Melakukan diskusi komunitas praktisi

3. Komunitas praktisi sekelilingku (mengidentifikasi dan memetakan komunitas  

    praktisi)

4. Peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline