Dengan adanya aplikasi canva dapat memudahkan semua kalangan dalam membuat media pembelajaran. Karena di canva sudah tersedia berbagai template yang menarik dan kita hanya tinggal mengeditnya saja. Selain membuat video pembelajaran di canva juga bisa membuat presentasi, undangan, poster, dan lainnya.
Zaman sekarang sebagai seorang guru harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Karena dengan ada nya teknologi dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dan sebagai seorang guru harus bisa memanfaatkan itu untuk menyampaikan materinya kepada peserta didik.
Membuat media video pembelajaran banyak manfaatnya. Terutama aman millennials ini, banyak murid yang sudah memakai gadget, maka tak heran bila video menjadi media ampuh untuk menyampaikan informasi, tak terkecuali di bidang pendidikan. Sehingga, guru dapat merasakan dan memberi manfaat kepada peserta didik bagaimana video pembelajaran membantu peserta didik untuk memahami materi pelajaran. Berikut manfaat dari media video pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Mudah di ingat dan di pahami
Tidak semua peserta didik bisa menerima materi dengan cepat, ada peserta didik yang lambat dalam mencerna materi. Maka dari itu sebagai seorang guru harus bisa memikirkan bagaimana caranya agar semua peserta didik dapat memahami materi yang kita sampaikan. Dengan di bantunya video pembelajaran mungkin sangat membantu peserta didik.
Karena, Penyampaian materi berbasis video lebih komprehensif karena di lengkapi dengan narasi, teks, dan gambar. Ketiga unsur ini dapat membuat murid lebih cepat memahami pelajaran. Faktanya, otak akan lebih menangkap lebih baik ketika menyatukan suara dengan teks. Sehingga memudahkan peserta didik untuk mengingat pelajaran.
2. Lebih fleksibel
Selain dapat di tonton kapan saja, video pembelajaran dapat di putar menggunakan laptop, PC, handphone, dan tablet. Sehingga peserta didik dapat menggunakan gadget yang mereka miliki ketika menyimak video pembelajaran yang telah di berikan guru. Fleksibilitas materi menggunakan video ini juga menguntungkan bagi peserta diddik millennials yang lebih menyukai menonton video menggunakan handphone.
3. Dapat meningkatkan focus atau perhatian peserta didik
Materi pelajaran yang disampaikan menggunakan video dapat meningkatkan fokus dan ketertarikan peserta didik untuk menyimak. Di banding membaca buku yang terkadang melelahkan, sebagian murid lebih nyaman mendapatkan informasi atau pelajaran dengan format video.