Lihat ke Halaman Asli

dian kristyanto

Aktifitas saya sebagai seorang pengajar di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang aktif di Jurusan Ilmu Perpustakaan

Anda Mau Perpustakaan yang Bagaimana?

Diperbarui: 11 Agustus 2016   10:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apabila kita masih berpikir bahwa perpustakaan masih seperti itu maka sudah seharusnya kita sebagai masyarakat pengguna terdorong untuk memberikan kritikan serta saran tentang kemauan kita terhadap perpustakaan itu seperti apa. Saat ini perpustakaan telah berupaya keras untuk dapat mengembangkan organisasi ke arah teknologi informasi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada penggunanya supaya kita mulai membuka mata untuk datang dan merasakan kenyamanan saat berada di perpustakaan. Untuk itu penting bagi kita yang notabene seorang pengguna memberikan feedback yang mendukung terciptanya perpustakaan yang menyenangkan menurut kita sebagai penggunanya. 

Apa yang kita mau di perpustakaan hendaknya kita sampaikan, pengguna memiliki hak dan kewajiban dalam menggunakan perpustakaan untuk membantu proses pengembangan wawasan keilmuan dalam upaya mencapai tujuan yang lebih baik. Hak pengguna adalah mendapatkan pelayanan terbaik, memperoleh informasi yang tepat dan sesuai, mendapatkan kenyamanan dan kemudahan saat menelusur informasi dan keluar dari perpustakaan dengan suasana hati yang senang. 

Apabila hak kita sebagai pengguna tidak terpenuhi maka kewajiban kita adalah memberikan saran dan masukan bagi perpustakaan yang membuat kita kurang mendapatkan hak sebagai pengguna saat berada di perpustakaan. Hal ini penting dilakukan karena dengan adanya masukan dari pengguna, maka pustakawan dapat melakukan evaluasi terhadap pelayanan di perpustakaaan dengan meliha kritik dan saran dari penggunanya. Apabila hal ini tidak kita lakukan sebagai pengguna, maka sama saja kita sebagai masyarakat membiarkan perpustakaan tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Perpustakaan mungkin tidak akan mewujudkan permintaan kita dalam waktu singkat karena adanya keterbatasan anggaran maupun alasan lain terkait. Akan tetapi dengan adanya feedback dari pengguna, dengan saran dan kritik dari kita maka akan dijadikan pegangan bagi perpustakaan untuk membuat inovasi-inovasi baru di perpustakaan yang disuaikan dengan saran yang masuk dari penggunanya. 

Perpustakaan akan hidup apabila penggunanya aktif berkunjung dan juga memanfaatkan prodak yang dilayankan oleh perpustakaan. Sudah seharusnya tanggung jawab terhadap pengembangan perpustakaan menjadi beban bersama antara pustakawan dan pengguna, karena bagaimanapun juga perpustakaan muncul tidak hanya untuk menjaga dan melestarikan peradaban saja, melainkan juga membangun pondasi di masyarakat untuk menciptakan peradaban baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Salam membaca dari saya....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline