Lihat ke Halaman Asli

DIAN ASA PINASTI

Psikolog Klinis

Mulai Sekarang Coba Cari Hobi!

Diperbarui: 4 Juni 2023   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

koinworks.com

Saya mau cerita sedikit tentang hobi baru saya, kebetulan sebelumnya saya tidak terlalu punya kegiatan yang bisa dibilang benar-benar dinikmati. Suatu saat teman saya yang mempunyai hobi memancing, mengajak saya untuk ikut memancing di sungai. 

Awalnya saya hanya menemani sambil ngobrol dan cerita. Singkat cerita dia menawari saya untuk coba memancing tingkat pemula, yaitu memancing ikan wader. 

Caranya cukup mudah dan ternyata sensasi ketika umpan dimakan oleh ikan dan kita menarik pancing tersebut, membuat saya sangat senang, ada rasa kaget, bingung harus ngapain, tetapi juga excited. Mulai dari situ saya senang memancing.

Ternyata terdapat suatu penelitian yang mengungkapkan, menghabiskan banyak waktu pada suatu aktivitas yang disukai, dinikmati dan membuat rileks bagi orang tersebut dapat meningkatkan kesehataan dan kesejahteraan psikologis. Orang yang memiliki hobi lebih rendah mengalami stres, mood yang tidak stabil dan depresi. Ditambah lagi jika kita melakukannya dengan orang yang memiliki hobi atau kesukaan yang sama, dapat meningkatkan hubungan sosial yang baik.

Manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu memiliki hobi :

  • Mengurangi stres, melakukan aktivitas di waktu luang atau kita menyisihkan waktu untuk melakukan hobi dapat mengurangi tingkat stres. Penelitian menunjukkan sebanyak 75% partisipan memiliki kadar kortisol yang rendah saat melakukan hobi. Seni, olahraga, fotografi, memancing, apapun itu that's okay, lakukan dan nikmati.
  • Meningkatkan kesejahteraan psikologis, terlibat pada aktivitas yang disukai berdampak positif pada meningkatnya kesejahteraan psikologis dalam jangka waktu yang lama. Memunculkan perasaan yang positif dan memiliki good feeling bahkan setelah melakukan hobi tersebut.
  • Meningkatkan hubungan sosial, mengurangi kecemasan dan depresi, Hobi yang dilakukan bersama dengan teman-teman memberikan manfaat seperti relasi sosial yang baik, teman baru, bahkan dukungan sosial. Selain itu, dapat mengurangi gejala, stres, cemas, dan depresi.
  • Meningkatkan kesehatan mental, hobi yang melibatkan aktivitas fisik seperti olahraga, berkebun, dan menari dapat mengurangi tekanan darah dan membuat jantung berdetak secara stabil. Menghabiskan waktu minimal 10 menit untuk bergerak dapat meningkatkan fokus, mood, dan kebahagiaan.

Cobalah untuk menyisihkan waktu luang disela-sela kesibukan untuk melakukan aktivitas yang membuat kita enjoy, fokus, dan rileks. Kamu juga bisa mencari teman yang memiliki hobi yang sama, bertemu secara rutin berbagi pengalaman, saling dukung satu sama lain. Selamat mencari dan menemukan hobi!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline