Lihat ke Halaman Asli

Perdana, Tim Gelis MTsN 2 Bantul Kembali Giatkan Program Pembiasaan Literasi

Diperbarui: 13 Agustus 2024   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa mulai untuk pembiasaan literasi. (Dok.pribadi)

Tim Gerakan Literasi MTsN 2 Bantul yang dikenal dengan Tim Gelis Matsandaba bekerja sama dengan Perpustakaan Raudhatu 'Ulum, yang dikoordinir oleh Yulian Istiqomah dan Dian Fitri Ningrum memulai program literasi dengan kegiatan-kegiatan inovatifnya pada Senin (12/08/2024). Adapun tujuan umum dari gerakan literasi Matsandaba ini adalah agar siswa gemar membaca dan berkarya. Senin pagi kegiatan perdana Reading Day dimulai di kelasnya masing-masing, siswa tampak antusias membaca buku bacaan yang mereka bawa dari rumah dan mereka juga sudah siap untuk perform pada jam ke-5 setelah istirahat.

Menurut Yulian Istiqomah selaku koordinator tim, tujuan dari kegiatan Reading Day ini adalah untuk meningkatkan minat baca, menambah ilmu dan wawasan, menumbuhkan karakter literatif, dan meningkatkan prestasi siswa. "Terkait pelaksanaannya, siswa wajib membawa 1 buku bacaan dari rumah dan buku pantauan baca. Pelaksanaan tiap Senin usai sholat Dhuha selama 30 menit di ruang kelas masing-masing dengan didampingi tim literasi. Kegiatan diawali dengan membaca dilanjutkan dengan merangkum apa yang dia baca dalam buku pantauan baca. Tim pendamping memantau siswa yang sudah membaca dengan memberikan tanda dalam berkas literasi yang ada di kelas," ujar Yulian ketika ditemui tim kontributor berita usai kegiatan Reading Day. Lebih lanjut Yulian menyampaikan pada tim untuk menginformasikan program Performance Siswa, Sagusaka (Satu Minggu Satu Karya), dan Reading Every Day pada siswa yang didampinginya.

Literasi di kelas VII E. (Dok. pribadi)

Kepala MTsN 2 Bantul, Isti Bandini menyambut baik program dari tim literasi dan mendukung sepenuhnya. "Terima kasih dan apresiasi untuk tim literasi yang telah menyiapkan program literasi madrasah. Saya mengajak dan menghimbau seluruh warga madrasah untuk mendukung dan menyukseskan program yang bagus ini.  Apresiasi juga untuk siswa kelas 7, 8 dan 9 yang telah antusias mengikuti kegiatan dan tertib membawa buku bacaan dan pantauan baca. Semoga mereka semua menjadi siswa yang literatif, senang membaca dan berwawasan luas," harapnya. (Agt)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline