Lihat ke Halaman Asli

Empat Perwakilan Guru MTsN 2 Bantul Ikuti FGD Uji Keterbacaan AKMI

Diperbarui: 8 Agustus 2024   16:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru MTsN 2 Ikuti FGD Uji keterbacaan AKMI. (dok.nfa) 


Focus Group Discussion (FGD) Uji Keterbacaan AKMI berlangsung hari ini (08/08/2024) di Hotel Grand Rohan Jogja. MTsN 2 Bantul mengutus Ryan Bahtiar, Deta Nurvitasari, Nur Faiqoh dan Nugraheni Puntas untuk mewakili MTsN 2 Bantul. Acara yang dihadiri oleh 50 peserta dari tenaga pendidik ini bertujuan untuk memastikan bahwa instrumen asesmen yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) mudah dipahami oleh peserta didik. Acara dibuka dengan sambutan, menyanyikan lagu Indoesia Raya, dilanjutkan dengan arahan teknis dan acara inti berupa membaca soal, berdiskusi dan tanya jawab.

Suasana FGD uji keterbacaan AKMI. (Dok.nfa) 


Ada empat aspek yang diujikan pada Uji Keterbacaan AKMI, yaitu Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sosial Budaya, dan LIterasi Sains. Pada kegiatan FGD ini, para peserta diminta untuk  membaca dan mencermati soal pada akun CBT AKMI, kemudian memberikan saran atau masukan terhadap stimulus dan perbaikan soal. Saran dari para peserta sangat dibutuhkan untuk perbaikan dan penyempurnaan instrumen soal. 

Saran dari peserta FGD juga dapat digunakan untuk menyesuaikan materi pembelajaran dan pendekatan pengajaran di madrasah agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. "FGD ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas instrumen AKMI agar dapat mengukur kemampuan literasi, numerasi, sains, dan sosial budaya siswa dengan lebih baik," ungkap Sultan selaku perwakilan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam Uji Keterbacaan AKMI yang turut hadir dalam FGD. (nfa)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline