Lihat ke Halaman Asli

Wisata Religi, MTsN 2 Bantul Ziarah ke Makam Sunan Ampel

Diperbarui: 22 Januari 2024   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana di Makam Sunan Ampel (Dok. Enn)

 Wisata religi merupakan perjalanan yang menuju tempat atau daerah dengan makna khusus (bagi) pemeluk agama tertentu. MTsN 2 Bantul menutup pekan ketiga Bulan Januari ini dengan ziarah ke Makam Sunan Ampel yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Selepas adzan Isya berkumandang, Sabtu (20/01/2023) rombongan tiba di kompleks Makam Sunan Ampel. Rombongan kemudian Sholat Isya kemudian menuju ke makam Sunan Ampel.

Waktu itu pengunjung berjubel dari berbagai macam penjuru. Dari balita hingga manula. Perjalanan dari tempat parkir ke masjid melewati banyak pedagang. Mulai dari makanan, pakaian. Aksesoris, dan lainnya. Setelah sampai di Masjid Ampel rombongan disuguhkan dengan arsitektur bangunan masjid yang megah dan juga unik. Masjid yang didalamnya memakai kayu ini dibanun sekitar tahun 1421 M. Setelah sholat berjamaah rombongan MTsN 2 Bantul menuju makam Sunan Ampel. Rombongan harus menunggu tempat sebentar (antre). Baru kemudian setelah jamaah lain selesai rombongan MTsN 2 Bantul mendapat tempat.

Rombongan MTsN Bantul ziarah ke makam Sunan Ampel (Dok. Enn)

Doa dan juga dzikir dimpimpin oleh Ahmad Daris Mustofa (Guru Bahasa Arab) kemudian diikuti oleh seluruh rombongan. Setelah doa serta dzikir selesai maka rombongan pun kemmbali ke area parkir. Perjalanan menuju area parkir rombongan MTsN 2 Bantul mampir untuk membeli buah tangan. Ada yang membeli buah, sarung, dan bahkan makanan ringan. "Alhamdullah dapat ziarah ke makam Sunan Ampel, tadi saya beli beberapa sarung untuk oleh-oleh anak. Semoga anak senang," ungkap Eni ketika diwawancarai tim publikasi. (Dee.)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline