Lihat ke Halaman Asli

Kenapa sih Harus Memakai Dedicated Server? Ada yang Murah, Kenapa Bayar yang Mahal?

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini, sudah banyak penyedia layanan web hosting yang berlomba-lomba untuk menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Layanan web hosting yang disediakan juga bermacam-macam, diantaranya adalah Shared Hosting, VPS Hosting, Cloud Hosting dan Dedicated Server Hosting. Kali ini saya akan membahas mengenai Dedicated Server Hosting.

Sebenarnya apa sih Dedicated Server itu? Dedicated server dapat diartikan sebagai server yang disewa secara terpisah dan berdiri sendiri. Layanan dedicated server memungkinkan untuk menjalankan aplikasi berat dengan beban kerja tinggi yang tidak dapat dioperasikan pada Shared Hosting maupun VPS. Biasanya penyedia dedicated server menyediakan satu set web server fisik secara lengkap beserta sistem operasinya. Agar dapat masuk ke web servernya, kalian akan memperoleh root akses sehingga kalian sendiri dapat melakukan maintenance server melalui akses yang telah tersedia. Kalian berkuasa penuh atas server tersebut termasuk pemilihan sistem operasi, hardware (core prosesor, RAM, hardisk yang menjadi sumber daya server) dan sebagainya . Dengan hak kontrol secara penuh ini tentunya kenyamanan dan keamanan website kalian pun menjadi lebih terjamin.

Windows Dedicated Server Hosting merupakan layanan hosting dimana layanan tersebut menggunakan sistem operasi Windows yang telah memiliki banyak dukungan untuk menjalankan berbagai perangkat lunak seperti  Ms. Access dan MS. SQL database. Selain itu, Windows juga menawarkan penggunaan lingkungan pemrograman Microsoft seperti Active Server Pages (ASP), Visual Basic Script, dan MS Index Server untuk pengembangan web. Jika website kalian menggunakan layanan Windows Dedicated Server Hosting maka kalian akan mendapatkan jaminan server yang uptime dan stabil dengan kecepatan akses website yang maksimal. Layanan Windows Dedicated Server ini cocok untuk kegiatan bisnis yang besar dan menangani trafik data tinggi. Windows Dedicated Server juga mempunyai kemampuan untuk membuat lebih dari satu nama domain, dapat membangun layanan email yang baik, mempunyai dukungan database dan software yang tak terbatas.

Selain itu, Windows Dedicated Server menjadikan situs web kalian juga tidak akan terbagi-bagi dan hanya kalian saja yang mempunyai situs tersebut sehingga tingkat privasi dan keamanan terhadap data-data, situs web serta email dapat terlindungi karena telah ditempatkan di server khusus yang telah kalian set sendiri.

Namun kalian tidak perlu repot-repot menciptakan dedicated server tersebut, karena biasanya provider web hosting juga menyediakan support untuk instalasi software sehingga sudah dalam kondisi yang siap pakai. Salah satu provider web hosting yang menyediakan layanan dedicated server terbaik adalah JaringanHosting.com.

Sekian pembahasan saya mengenai Windows Dedicated Server. Semoga bermanfaat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline