Disisi lain pemahaman tentang memiliki karaktek yang baik seperti melalui Kebutuhan untuk dengan menggunakan metode test baca ,berhitung sangat dibutuhkan dalam pendidikan sangat lah penting dikarenakan mempersiapkan dalam masa depan mereka masing- masing agar lebih stabil dan juga cerah di calon masa depannya nanti ,serta membuat lebih baik lagi di sekolah dasar,dikarenakan dapat diketahui bahwa dengan mahir literasi dan numerasi siswa dan siswi di lingkungan sekolah dasar dapat merespon dengan sesuai kata ejaan sesuai dengan yang sudah dipelajari , mulai dari cara berhitung dengan cepat, berdasarkan data ketika observasi ketika mahasiswa terjun ke dunia pendidikan sehingga minim banget untuk dikategorikan sebagai siswa siswi yang belum unggul dan berbakat, dalam rangka menteri pendidikan yaitu " nadiem makarim membuka kampus mengajar" ,dapat ditemui ketika mahasiswa terjun ke sekolah dasar ada beberapa siswa dan siswi yang belum mahir dalam membaca dan berhitung bahkan untuk mengenal huruf abjad pun, menulis di buku susah dikarenakan ada beberapa faktor yang mampu menghambat perkembangan pembelajaran Fungsi untuk adanya pembelajaran literasi dan numerasi ini agar melatih kecerdasaan otak ,melatih bicara , melatih berhitung ,melatih menulis,serta melanjutkan jenjang selanjutnya yaitu Sekolah Menengah Pertama, dan dipakai hingga seiringnya waktu agar membuat pendidikan tersebut lebih cerah dan maju, ditengah -tengah dalam keadaan teknologi kurang dan sekolah masih termasuk sekolah yang termasuk kampung kiaraeunyeuh,dan saya senang masuk mengajar di dunia pendidikan.
Tetapi dikarenakan dengan adanya faktor faktor tersebut siswa dan siswi semangat ingin bisa baca dan berhitung ,sebagai mana mahasiswa harus mengajak dan membawa siswa dan siswi semangat untuk mempelajari literasi dan numerasi tersebut dengan baik dan benar tanpa adanya gangguan. maka latihan-latihan baca dan berhitung terus menerus tanpa adanya berhenti harus membawa siswa dan siswi tersebut sampai bisa membaca berhitung dengan baik dan benar latihan dan latihan, tidak ada kata lelah siswa siswi tersebut ,dikarenakan ingin membaca lancar dan berhitung dengan lancar . agar faktor di lingkungan sekolahnya tidak di ejek oleh teman temanya dikarenakan belum bisa baca dan berhitung ,oleh sebab itu anak -anak yang belum bisa mahir baca dan berhitung juga semangat dan juga dikasih tugas menulis huruf abjad tugas berhitung juga setiap harinya seperti latihan- latihan terus menerus seperti, les tambahan disetiap hari sabtu , dan selebihnya dihari biasa senin,selasa,rabu,kamis,jum'at tes perkaliansebelum pulang atau sesudah istirahat sesuai absen dan baca dongeng yang buku dia inginkan lalu ditulis dan di eja ,dan latihan menulis abjad ,tes tebak tebakan seperti kata yang huruf berawalan barang yang depanya huruf A agar dapat mengingat daya tangkap otak peningkatan literasi dapat terpenuhi dengan cepat dapat dilakukan setiap hari , tes perkalian setiap hari di jam pulang dan dijam istirahat ,dikarenakan juga ada beberapa siswa dan siswi dikelas atas seperti kelas 6 dan siswi tidak hafal perkalian ketika dites pembagian mereka tidak tahu,dan juga untuk ketika tes perkalian tersebut itu tidak mudah dikarenakan ketika diabsen hanya beberapa anak- anak saja yang ingin bisa perkalian dan pembagian tersebut, untuk anak -anak tersebut agar mereka bisa dalam mata pelajaran matematika, tidak ada kata menyerah sebagai mahasiswa harus mendorong kepada siswa dan siswi nya agar bisa dalam pelajaran matematika ,dan memberikan semangat agar mereka bisa menyelesaikan perkalian dan pembagian tersebut ,akhirnya mereka hafal perkalian pembagian tersebut,dan juga tidak hanya itu itu saja tetapi dibuat bervariasi seperti menonton film literasi agar mereka terinspirasi untuk membaca lebih semangat tidak jenuh yang dibacanya seperti buku buku saja ,dikarenakan dalam hal peningkatan literasi, numerasi mereka membutuhkan pembelajaran yang itu itu saja , tetapi mereka membutuhkan konten pembelajaran numerasi yang menarik seperti pembuatan kubus, kelereng ,untuk tes literasi dan numerasi mengisi soal tes sekitar 40 soal ,untuk mengetes seberapa pengetahuan tanpa didampingi saya.
Untuk pembelajaran dalam literasi dan numerasi tersebut tidaklah mudah, dikarenakan dapat diketahui untuk membedakan pola pikir anak anak sangat lama membutuhkan 3 sampai 2 bulan untuk melatih mereka baca berhitung juga, tidak mudah dan secepat itu ,dikarenakan ada yang daya tangkapnya cepat dan juga daya tangkapnya kurang membutuhkan beberapa kesabaran ketika menghadapinya dan ekstra sabar dikarenakan ada yang tidak bisa diam,dan juga diganggu oleh teman temannya ketika ,temannya yang belum bisa baca dan berhitung serta juga menghadapi anak anak yang sangat super aktif tidak bisa diam,sehingga konsentrasi terhadap temanya sangat terganggu dan akhirnya tidak fokus, maka agar yang belum bisa baca dan berhitung fokus dalam pembelajaran ,mereka memisahkan diri agar tidak di ganggu oleh teman temen sekelasnya.,atau kalau mereka membosankan memisahkan diri kadang kita membuat games dan juga doorprize agar mereka fokus dalam latihan pembelajaran literasi dan numerasi, ketika hampir beberapa bulan habis masa penugasan ,siswa dan siswi yang belum bisa baca tersebut jadi bisa baca dan juga menulis, berhitung ketika disuruh menulis surat untuk kenang kenangan , ketika mahasiswa pamit untuk beres penugasan dan mereka menulis beberapa pesan yang belum bisa berhitung dan menulis mereka bisa dan berbicara pun sangat lancar ketika mereka mengucapkan sampai jumpa dan menyampaikan terimakasih hasil dari meningkatkan hasil literasi dan numerasinya berhasil , mereka merasakan senang dan bangga tak lupa mengucapkan terimakasih banyak kepada saya dikarenakan sudah mendidik dan mengajar selama 3 bulan tersebut, dari yang bisa belum bisa baca berhitung mereka bisa dan tidak diejek oleh teman -teman di lingkungan sebayangan termasuk wali kelas ikut senang .
Dokumentasi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H