Lihat ke Halaman Asli

Diah Ulam Enjelina

ILKOM 2021 UIN Sunan Kalijaga

Menang Telak Atas Osasuna, Barcelona Naik ke Peringkat Tiga

Diperbarui: 14 Maret 2022   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Oleh Twitter @FCBarcelona

Lanjutan Liga Spanyol pekan ke 28 yang mempertemukan tim papan atas klasemen Barcelona menjamu tim papan tengah Osasuna, pertarungan kedua tim tersaji pada Senin (14/03/2022) pukul 03.00 dinihari waktu indonesia barat di stadion Camp Nou markas Barcelona. Tim asuhan Xavi Hernandez berhasil mendapatkan tiga poin kali ini dan naik di peringkat tiga klasemen sementara dibawah Real Madrid dan Sevilla dengan raihan 51 poin dari 27 laga, sementara dari tim tamu sendiri tetap bertahan di urutan 11 klasemen sementara meraup 35 poin dari 28 laga. Laga berkesudahan 4 gol tanpa balas untuk keunggulan barcelona, lantas bagaimana proses proses gol Barcelona bisa terjadi? simak ulasan laga berikut ini.

Ringkasan Pertandingan

Barcelona yang bertanding di hadapan ribuan fans nya yang hadir langsung di stadion Camp Nou tampil percaya diri dengan formasi andalan nya 4-3-3, asuhan Xavi Hernandez langsung tancap gas sejak awal laga berlangsung, terbukti dengan laga baru berjalan belum ada 10 menit tepatnya di menit 9 Dembele melakukan tembakan kencang ke arah gawang yang masih melebar tipis saja. 3 menit berselang Mimpi buruk bagi Osasuna terjadi, Gavi yang mencoba menjangkau umpan Busquets ke kotak Penalti harus dilanggar di titik 12 pas oleh Nacho Vidal dan membuahkan tendangan penalti bagi Blaugrana, Ferran Torres yang ditunjuk sebagai algojo tidak menyia nyiakan peluang tersebut, ia berhasil mengarahkan bola ke sudut kiri dari gawang yang dikawal oleh Herrrera sekaligus mengubah skor 1-0 bagi keunggula Barcelona. Seusai gol pertama Ferran dari titik putih lantas tak mengendurkan serangan Barcelona, menit 17 Aubameyang yang melakukan sambutan umpan dari Dani Alves berhasil mengancam gawang Osasuna, namun kali ini Herera masih sigap menghalau serangan tersebut. Tiga menit Berselang lewat aksi dembele yang melakukan penetrasi di lini tengah dan berhasil melakukan umpan terobosan kepada Ferran Tores berbuah manis, Ferran lagi lagi mencatatkan namanya di papan skor di menit ke 20 lewat gol nya yang berhasil melewati sela sela kaki dari Ferera, skor dua gol tanpa balas milik Barcelona. Dembele seakan akan menjadi mimpi buruk bagi Osasuna, enam menit berselang lewat umpan manisnya yang disambut baik oleh Aubameyang mengantarkan tuan rumah kembali menggandakan keunggulan menjadi 3-0, Dembele di era Xavi sangat berjalan maksimal peran nya, tercatat di laga sebelumnya ia juga mencatatkan 2 asis serta 1 gol saat berhadapan dengan Atletik Bilbao, berbanding terbalik saat era Koman dan Valverde, karena pada masa itu Dembele sempat di cap sebagai pemain medioker dan pembelian gagal oleh fans mereka, di era Valverde sendiri Dembele sering dibekap cidera dan di era Koeman, Dembele sangat jarang dimainkan dan sering menghangatkan bangku cadangan, sangat berbeda di era Xavi kali ini, sempat bermasalah masalah transfer dan mendapat siulan atau ejekan dari para fans blaugrana saat Barcelona menjamu Napoli di lanjutan Uefa European League (UEL) namun Dembele kini benar benar membuktikan kualitasnya dan ber angsur angsur membaik performanya. Kembali lagi pada lanjutan ulasa laga di menit 33 tim tamu sempat mencoba keluar dari tekanan, namun masih dengan mudah di amankan oleh Jordi Alba. Skor tiga gol tanpa balas untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga turun minum babak pertama.

Di awal babak kedua El Barca langsung melakukan tekanan, lagi lagi lewat pemain kebangsaan Perancis yaitu Ousmane Dembele yang melakukan skill individu menawan sekaligus mengelabuhi dua pemain bertahan dari pemain Osasuna namun sayang, tendangan on target nya masih berhasil di halau kiper Osasuna. Di menit 75 lagi lagi Dembele yang melakukan soloran di sisi kiri pertahanan Osasuna berhasil mengirimkan umpan ke pemain pengganti Riqui Puig, Riqui yang menerima umpan tersebut langsung menembak ke arah gawang sebelah kanan dan berhasil ditepis oleh Herrera, namun tepisan Herrera menjadi bola muntah di depan gawang, Riqui dengan sigap langsung menghampiri bola sekaligus mengelebahui Herrera dengan gocekan manisnya sekaligus menambah keunggulan Barcelona menjadi 4 gol tanpa balas. Sudah unggul dengan empat gol lantas tak membuat Barcelona mengendurkan serangan mereka, Menit 78 Memphis mendaptkan peluang untuk menambah keunggulan menjadi 5 gol, namun sayang sundulan nya masih melemah dan dapat dihalau oleh Herrera, kemudian di menit 83 Memphis lagi lagi mencoba peruntungan nya kali ini ia mencoba menyambut umpan krosing dari pemain veteran Dani Alves dengan tendangan kalajengking, tetapi tampaknya malam itu belum bersahaba bagi Memphis, karena bola masih menyamping tipis di sisi kanan pertahanan Osasuna.

Hinga peluit panjang dibunnyikan, empat gol tanpa balas menjadi skor akhir untuk kedua tim. Ini merupakan hasil yang bagus untuk Barcelona guna menjalani lanjutan Uefa European League leg kedua di markas Galastasaray pada Jumat (19/03/2022) sekaligus menambah kepercayaan tim dari asuhan Xavi Hernandez, pada leg pertama laga berkesudahan imbang dengan tanpa gol, apakah Barcelona akan mengulang kemenangan di kandangan lawan persis saat melawan Napoli? patut kita tunggu aksinya.

Susunan Pemain

Barcelona

Pelatih : Xavi Hernandez

Pemain : Terstegen (PG), Dani Alves, G. Pique (C. Lenglet), Eric Garcia, Jordi Alba (O. Mingueza), P. Gonzales (R. Puig), S. Busquets, Gavi, Ousmane Dembele, P. Aubameyang (M. Depay), F. Torres (M. Braithwate). (4-3-3)

Osasuna

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline