Lihat ke Halaman Asli

Diah Trisnamayanti

Pengajar, Ibu rumah tangga, Penulis

Upaya JNE dan UMKM "Home Industry" Getarkan Ekonomi Mikro

Diperbarui: 27 Desember 2021   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. JNE

Oleh Diah Trisnamayanti, S.S.

Setiap detik perjalanan hidup, sangat penting diperhatikan. Begitupun perjalanan sebagai pelaku bisnis. Untuk mengembangkan usaha, ada banyak faktor pendukung; satu diantaranya adalah jasa kurir. Ada banyak jasa kurir saat ini yang terpercaya dan dapat membantu perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satunya yaitu Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). JNE 31 tahun menghadirkan program layanan berkualitas bagi pelanggannya.

Diawali dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digulirkan  Departemen Keuangan untuk memperbaiki roda perekonomian Indonesia sejak pandemi terjadi dengan sasaran utamanya tentu saja UMKM, diharapkan adanya pertumbuhan perekonomian di skala mikro menjadi lebih baik. Pertumbuhan ekonomi yang stabil akan terjadi bila dalam pelaksanaan pemulihan dilakukan bersama antara UMKM dan faktor pendukung dari sektor riil maupun jasa.

JNE melalui produk jasa pengiriman barang dan makanan memberikan dukungan pada sektor riil UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty dan lainnya. Apalagi sejak bencana pandemi terjadi, JNE membantu pelanggan UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty dan dokumen mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Pelayanan produk JNE baik Reguler maupun YES (Yakin Esok Sampai) sangat diperlukan oleh dunia usaha UMKM online/e-commerce dan dunia usaha riil lainnya. Sebagai guru honorer swasta, blogger dan penulis lepas, saya memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan JNE dimana saya mendapat kiriman buku Antologi Wisata pertama dan kedua yang ditulis oleh beberapa penulis di Indonesia satu diantaranya, saya sendiri. Buku dan Sertifikat sebagai penulis sampai ke alamat rumah saya dalam waktu yang singkat dan baik (tanpa cacat) setelah saya mendapat chat dari teman penulis yang berada dari provinsi berbeda.

Dok. pribadi Januari 2021

Berbicara tentang layanan, Cekresi diberikan JNE untuk melayani  pelanggan yang ingin melakukan pengecekan ulang barang yang dikirim sampai atau tidak atau belum sampai pada pemesan.

Jika pengguna jasa JNE ini bagian dari pelaku bisnis UMKM yang berupaya memberikan kepuasan pada pelanggannya melalui jasa pengiriman tepat waktu, pilihan tepat dengan mempercayai layanan JNE Reguler, Express, YES dan lainnya sebagai alat untuk pengiriman barang.   

Untuk mengawal pengiriman tersebut, ada cara mudah menemukan posisi kiriman dapat dilakukan sendiri oleh pengirim yang menjadi konsumen pengguna jasa JNE secara online yaitu melalui website resmi www.jne.co.id atau melalui aplikasi android MyJNE. Dengan menggunakan situs resmi tersebut, pelanggan dapat melacak sendiri posisi barang kirimannya.

Di bawah ini, beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh pelanggan saat akan melakukan pengecekan ulang baik itu JNE Express, YES, REG,  OKE, JTR (JNE Trakcing):

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline