Lihat ke Halaman Asli

Sistem Pengendalian Manajemen

Diperbarui: 16 Juni 2024   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (STUDI KASUS PT MINERAL SUMBERDAYA MANDIRI TBK 

Sistem pengendalian merupakan upaya yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk melakukan langkah-langkah pengawasan agar hasil yang tercapai bisa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Selain proses manajemen dan operasional organisasi, sistem pengendalian adalah komponen aspek penting lainnya yang menentukan kesuksesan upaya pencapaian tujuan organisasi. 

Semakin tepat sistem pengendalian yang digunakan, semakin besar pula kontribusinya pada upaya pencapaian tujuan organisasi. Sistem pengendalian memiliki berbagai tipe pengendalian, yang membedakan satu pengendalian dengan pengendalian lainnya adalah orientasi pelaksanaan pengendaliannya. 

Sehingga pengetahuan atas berbagai tipe pengendalian akan memudahkan dalam melakukan pengendalian yang tepat. Untuk dapat mengimplementasikan sebuah sistem pengendalian yang baik, Anda diharapkan mengetahui terlebih dahulu konsep-konsep dasar sistem pengendalian yang ada. Sehingga bayangan yang dimiliki untuk melakukan sebuah pengendalian dapat lebih mudah didapatkan.

Pengendalian manajemen sangat penting bagi perusahaan. Suatu perusahaan sangat rentan terhadap kegagalan jika tidak ada pengendalian manajemen, tetapi jika ada sistem pengedalian yang baik, perusahaan tersebut akan sangat berkembang. Tidak diragukan lagi, setiap perusahaan memiliki aturan khusus untuk membeli manajemen. 

Semakin baik sistem pengendaliannya, semakin besar dampaknya pada perusahaan. Namun, banyak perusahaan yang mengabaikan sistem pengendalian manajemen. Akibatnya, tidak banyak perusahaan besar yang runtuh atau gulung tikar. Karena itu, setiap perusahaan harus meninjau kembali sistem pengelian manajemen mereka saat ini.


Profil Perusahan 

 PT Mineral Sumberdaya Mandiri Tbk didirikan pada 12 Februari 1990 dengan nama PT Asia Kapitalindo, dan pada 24 Oktober 1994 berganti nama menjadi PT Asia Kapitalindo Securities (disingkat Asia Securities). Sesuai namanya, Asia Kapitalindo merupakan perusahaan efek yang bergerak di bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek dan manajer investasi, dengan titik fokus pada perdagangan portofolio efek, khususnya commercial paper, promissory notes, medium term notes, obligasi maupun efek-efek lainnya. Perusahaan juga menawarkan produk-produk seperti reksadana ke masyarakat, dan memiliki sejumlah saham di sejumlah perusahaan publik. 

Perusahaan ini memiliki beberapa afiliasi, seperti PT Asia Kapitalindo Finance, PT Asia Kapitalindo Komoditi Berjangka, dan PT Asia Kapitalindo Lelang Mandiri yang kesemuanya bergerak dalam bisnis keuangan. Perusahaan yang saat itu dimiliki Jagegopal Hutapea dan Eddie Wibowo ini,mulai 13 Juli 2001 telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sebagai perusahaan publik, dengan melepas 165 juta sahamnya seharga Rp 200/lembar saham.Kode emiten AKSI berasal dari singkatan Asia Kapitalindo Securities.

Visi dan Misi Perusahaan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline