Lihat ke Halaman Asli

Diah Nur Robbaniah

menanam.makna

Jejak Digital akan Membungkam Anda

Diperbarui: 15 Juni 2023   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam Literasi Digital (dokpri)

 Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi adalah salah satu jargon menarik ketika mengikuti nobar "Makin Cakap Digital 2023"  yang diselenggarakan Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Kominfo.  Hal itu sangat selaras dengan tema "Penguatan Profil Pelajar Pancasila" yang saat ini sedang digaungkan.

SMP Negeri 5 Kepanjen  bersama-sama menguatkan karakter cakap digital siswa sesuai dengan arahan Kadiknas, Bapak Suwaji. Seluruh siswa di Kabupaten Malang harus bisa memahami dan menerapkan kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. 

Sebagai generasi muda yang memiliki separuh hati dengan dunia maya maka wajib bagi mereka untuk memahami tentang berita hoaks dan seperti apa menyikapinya. Jangan sampai termakan hoaks, apalagi menjadi pelaku penyebaran berita hoaks. "Saring sebelum sharing" adalah sebuah kewajiban jika kita ingin digolongkan menjadi generasi cakap digital. 

Satu hal yang menjadi kedaruratan fakta yaitu tentang etika digital. Bagaimana kesantunan dalam bersosial media, menjadi etika wajib bagi para pelajar. Jangan sampai, kata-kata kasar, perundungan, dan konten-konten tak pantas menjadi jejak digital yang akan merugikan!

Jadi, tiada semakin cakap digital, semakin bijak pula seseorang dalam bertutur dan  berlaku. 

Salam Literasi Digital !

Kominfo 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline