Lihat ke Halaman Asli

Penting! Belajar Perihal Strategi Pemasaran

Diperbarui: 22 Desember 2021   13:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

strategi pemasaan merupakan perihal yang sangat penting bagi suatu perusahaan maupun para pelaku yang menjalankan bsinis. strategi pemasaran  juga sebagai suatu cara yang dilakukan untuk memperoleh tujuan perusahaan.  Dalam menjalankan usaha kecil ataupun usaha besar diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasaran. oleh  Karena itu strategi pemasaran yang baik, akan membuat tujuan dari perusahaan akan tercapai.

lantas apa saja strategi pemasaran yang dapat dilakukan?

definisi strategi pemasaran menurut porter strategi merupakan alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing. Sedangkan menurut Chandler, strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut serta prioritas alokasi sumber daya. Dan menurut Stephani K. Marrus, strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Dalam proses menyusun strategi pemasaran, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

1) Segmentasi pasar

Segmentasi pasar merupakan tindakan mengidentifikasikan dan membentuk kelompok pembeli atau konsumen secara terpisah. Masing-masing segmen konsumen ini memiliki karakteristik, kebutuhan produk, dan bauran pemasaran tersendiri. Segmenting berguna untuk mengkelompokkan mereka pada satu kesatuan. Pengkelompokkan tersebut menjadi fokus sasarannya.

2) targeting 

Targeting adalah suatu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Proses ini mempertimbangkan segmentasi nasabah dan kesesuai produk yang ditawarkan.

   3) positioning

Penentuan posisi pasar (positioning) adalah strategi untuk merebut posisi dibenak konsumen, sehingga strategi ini menyangkut bagaimana membangun kepercayaan, keyakinan, dan kompetensi bagi pelanggan. Menurut Philip Kotler, positioning adalah aktifitas mendesain citra dan memposisikan diri di benak konsumen. Sedangkan bagi Yoram Wind, positioning adalah bagaimana mendefinisikan identitas dan kepribadian perusahaan di benak pelanggan. Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix)  Manajemen pemasaran dikelompokkan dalam empat aspek yang sering dikenal dengan marketing mix atau bauran pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong  bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkannya di pasar sasaran. Bauran pemasaran terdiri dari empat yaitu :

a) product/ produk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline