Pada era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini kualitas dosen menjadi faktor krusial dalam menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja, khususnya di bidang kesehatan. Program Kementerian Kesehatan saat ini adalah Transformasi kesehatan. Salah satu pilarnya adalah transformasi manusia kesehatan. Hal ini menempatkan dosen sebagai ujung tombak dalam membentuk sumber daya manusia yang kompeten dan inovatif sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa datang. Berdasarkan beberapa referensi dalam pendidikan ada 4 jenis Dosen; yaitu Dosen Biasa, Dosen Baik, Dosen Unggul, dan Dosen Inspiratif.
Dosen Biasa atau Dosen yang Mengandalkan Metode Tradisional
Dosen biasa menggunakan metode pengajaran tradisional seperti ceramah dan tanya jawab. Mereka memenuhi persyaratan dasar pengajaran namun seringkali kurang inovatif. Dosen biasa mungkin tidak cukup membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk era digital saat ini. Akibatnya, lulusan mungkin belum siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.
Dosen Baik atau Dosen yang Mengadopsi Metode Interaktif
Dosen baik melangkah lebih jauh dengan mengadopsi metode pengajaran yang lebih interaktif. Mereka menggunakan berbagai teknik yang mendorong partisipasi aktif mahasiswa, seperti diskusi kelompok dan penggunaan teknologi pembelajaran. Umpan balik yang konstruktif dan tepat waktu menjadi kunci dalam meningkatkan prestasi mahasiswa. Metode pembelajaran berbasis kasus dan teknologi simulasi sering digunakan untuk menghubungkan teori dengan praktik nyata.
Dosen Unggul atau dosen yang Mengintegrasikan Literasi Data dan Teknologi
Dosen unggul memiliki pemahaman mendalam tentang bidang mereka dan terus memperbarui pengetahuan sesuai perkembangan terkini. Mereka menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan kritis dan pemecahan masalah. Dalam pendidikan vokasi kesehatan, dosen unggul mengintegrasikan literasi data dan teknologi dalam pengajaran mereka, memastikan mahasiswa siap menggunakan alat-alat modern di tempat kerja. Pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu metode yang efektif digunakan oleh dosen unggul.
Dosen Inspiratif atau Dosen yang Menginspirasi dan Memotivasi Mahasiswa
Dosen inspiratif melampaui batas-batas tradisional pengajaran dengan menginspirasi dan memotivasi mahasiswa. Mereka tidak hanya mengajar tetapi juga membimbing mahasiswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup dan inovator di bidang mereka. Pengalaman belajar yang bermakna menjadi kunci dalam pengembangan individu. Dosen inspiratif juga menekankan literasi manusia, seperti empati, kolaborasi, dan komunikasi efektif.
Menjadi Dosen Unggul dan Inspiratif
Dalam upaya mencapai transformasi sumber daya manusia di bidang kesehatan, kita membutuhkan lebih banyak dosen unggul dan inspiratif. Berikut beberapa cara untuk mencapainya: