MANAJEMEN PEMASARAN
OLEH : AZMI NURMAULANA
Manajemen pemasaran kegiatan menganalisis rencana yang terkait program untuk menghasilkan pertukaran yang baik dalam suatu pasar yang sudah ditargetkan.
Manajemen pemasaran menurut para ahli :
William J. Stanton, pemasaran ialah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Kotler dan Keller, pemasaran ialah sebuah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. ... Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi.
Manullang dan Hutabarat ialah proses dalam menganalisa, merencanakan dan mengontrol kegiatan dalam pemasaran yang mencangkup ide-ide, barang dan jasa yang berdasar pertukaran dengan tujuan untuk menghasilkan kepuasan konsumen dan tanggung jawab produsen.
Tujuan Manajemen Pemasaran
Tujuanya untuk menciptakan sistem, membangun, serta mempertahankan pertukaran, terhadap produsen dan konsumen. Agar bisa memberikan keuntungan dari kedua pelah pihak. Keuntungan ini yang bisa menjadi pencapaian dari bisnis & perusahaan.
Unsur Manajemen Pemasaran
Orientasi pada konsumen atau pembeli.