Siapa sih yang enggak kenal sama JNE? Kalau baca nama JNE, saya yakin yang terbayang di pikiran kita adalah teriakan pak kurir: "paketttt!". Hehe. Betul, bukan?
Brand ekspedisi atau pengiriman antar barang yang satu ini memang sudah melekat sekali di benak masyarakat Indonesia. Dan bukan hanya melekat di pikiran kita, namun faktanya brand ini juga sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat Indonesia di zaman now.
Apalagi sejak masa pandemi, yang kita tahu aktivitas jual beli online semakin marak. Maka peran JNE dalam pengiriman barang-barang sangat tampak. Di tengah munculnya ekspedisi-ekspedisi lain, JNE yang berdiri sejak tahun 1990 ini masih menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna jasa pengiriman. Hal ini tentu saja karena pelayanan dari perusahaan ekspedisi ini memuaskan.
JNE Raih Penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023
Maka enggak heran jika JNE kerap menerima penghargaan sebagai apresiasi dari berbagai pihak atas kiprahnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
Tak terkecuali di pertengahan tahun 2023 ini, JNE menerima penghargaan bergengsi yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service. Apa itu?
Indonesia WOW Brand 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Markplus Inc. melalui salah satu divisinya yaitu MarkPlus Insight. Penghargaan Gold Champion kategori Courier Service ini didapat JNE setelah melalui sebuah survey Indonesia WOW Brand 2023 terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia.
Survey ini mengacu kepada konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing. Kemudian berdasarkan hasil survey tersebut terpilihlah brand-brand terbaik Indonesia dan mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023.
JNE sebagai brand ekspedisi atau pengiriman barang berhasil menjadi juara karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek-merek lain di industri sejenis.
Survey ini dipengaruhi oleh berjalannya era konektivitas saat ini, dimana perilaku pelanggan telah bergeser dari proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh diri sendiri ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial.
Artinya JNE telah dikenal oleh lebih banyak orang dan menggunakan jasa pengirimannya, hingga para pelanggan tersebut pada akhirnya juga merekomendasikan (advokasi) kepada orang lain untuk menggunakan JNE juga. Maka skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness dari JNE menjadi sangat tinggi.