Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Pemahaman Covid-19 dan Penerapan Hidup Bersih dan Sehat di Era Covid-19

Diperbarui: 11 Juli 2020   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KKN Era COVID-19 adalah KKN yang dilakukan mahasiswa di tengah pandemi Virus Corona/ Covid-19. KKN ini tentunya terasa berbeda karena dilakukan secara mandiri di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Pandemi yang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 menjadi fokus baru seluruh masyarakat. Oleh karena itu UNS menetapkan COVID-19 menjadi tema besar KKN pada tahun 2020.

Diah Ayu Vidyasari (K417018) adalah salah satu peserta KKN UNS Era Covid-19 yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang Dr. Rahmanu Widayat, M. Sn. Kegiatan KKN ini dilakukan sejak 15 Mei-30 Juni 2020 atas persetujuan Kepala RT Bapak Surahmat. Penyampaian informasi program KKN dilakukan melalui WA grup RT, Instagram, dan Youtube. Kegiatan KKN yang dilakukan di RT 01/ RW 03 Kelurahan Halim Perdana Kusuma diantaranya yaitu

1. Poster edukasi pemahaman COVID-19 (gejala, penyebaran, dan pencegahan) 

Dokpri

2. Poster edukasi pentingnya physical distancing

Dokpri

Dokpri

3. Video edukasi cara mencuci tangan yang benar

4. Video pembuatan hand sanitizer & Pembagian 36 hand sanitizer

5. Video pembuatan disinfektan & pembagian 36 disinfektan

6. Poster makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh & Poster aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Dokpri

Dokpri

Dokpri

7. Penanaman tanaman toga  

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Penyenggaraan KKN ini diakhiri dengan pembagian pembagian 36 hand sanitizer, 36 disinfektan, dan  tanaman toga (jahe, kunyit, sirih) ke 36 kepala keluarga.   

Dokpri

  

Dokpri

Beruntung warga sudah teredukasi dengan baik dengan protokol-protokkol kesehatan yang telah diberitahukan oleh pemerintah, sehingga KKN ini bisa berjalan dengan lancar. Warga saling tegur sapa apabila ada yang lupa mengenakan masker ataupun sarung tangan jika hendak berpergian. 

KKN ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga mengenai hal-hal yang lebih kompleks, seperti mengapa harus mencuci tangan dengan sabun, mengapa harus cuci tangan selama  20 detik, apa perbedaan antiseptik dan disinfektan, kemudian apa perbedaan diantara keduanya, pembuatan hand sanitizer dan disinfektan sesuai anjuran LIPI yang telah tertuang dalam video-video di atas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline