Lihat ke Halaman Asli

diah ayu

Mahasiswa

Suasana Liburan di Masjid Al-Akbar Surabaya Sambil Kuliner Masjid Terbesar Kedua di Indonesia

Diperbarui: 3 Mei 2023   02:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: diah

Liburan di Surabaya akan terasa kurang kalau tidak mampir ke Masjid Agung Surabaya. Masjid Al-Akbar Surabaya merupakan terbesar kedua setelah Istiqlal Jakarta. Kawasan Masjid Agung Surabaya tersebut merupakan salah satu lokasi surganya kuliner di Surabaya.

Di selatan Kota Surabaya berdiri masjid megah Masjid Al-Akbar. Dibangun pada tahun 1955, masjid seluas 22,3 ribu meter persegi ini mampu menampung 36.000 jemaah. Punya interior yang menarik, masjid yang berlokasi di kawasan Pagesangan Surabaya Selatan ini kerap menjadi jujugan wisata religi.

Kemegahannya terlihat dari kubah yang menaungi masjid. Kubah berwarna perpaduan biru dan hijau dengan tinggi sekitar 27 meter. Di dalamnya terdapat ornamen yang cantik. 45 pintu kayu jati dan hiasan kaca nampak menghiasi di sudut-sudut masjid cantik ini.

Keunikan Masjid Nasional Al-Akbar atau Masjid Agung dari bentuk kubah. Kubah dengan bentuk menyerupai setengah telur dengan layer 1,5 meter ini menaungi atap masjid. Warna kubahnya didominasi oleh warna biru. Dengan tambahan aksen warna hijau, biru, merah, ungu dan kuning.

sumber: diah

Keunikan lain Masjid Al-Akbar ialah menara tinggi sekitar 99 meter. Menara ini bukan hanya sebagai alat pengeras suara saja. Namun juga menjadi saran menikmati pemandangan kota Surabaya. Dari ketinggian, kamu bisa melihat pesona berbagai sudut di Kota Pahlawan.

Tempat Kuliner di Sekitar Masjid Agung Surabaya

sumber: diah

Tempatnya yang sangat luas dengan berbagai macam pilihan street food tentunya lokasi ini sangat disukai oleh banyak sekali warga Surabaya yang hanya ingin menikmati malamnya bersama keluarga disini.

Kuliner Masjid Agung Surabaya tidak pernah mati, banyak sekali hal yang bisa Anda dapatkan disini. Seperti kreco, ceker, jagung bakar, cilor, dan streetfood ala Korea seperti tteobokki, odeng, hotang dan aneka bakaran seperti yang saya beli ini.

sumber: diah

Harganya juga terbilang cukup terjangkau. Suasananya sangat tenang walau sangat rame pengunjung. Beberapa stand juga menyediakan tempat duduk lesehan bagi para pengunjung yang ingin makan ditempat.

Delman Dan Kereta Kelinci Yang Di Sewakan

sumber: diah

sumber: diah

Tersedia delman dan kereta kelinci untuk anak-anak dan orang dewasa untuk berkeliling di daerah sekitaran Masjid Agung Surabaya sambil mencari angin dan melihat suasana di jalanan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline