Lihat ke Halaman Asli

Memilih, Maka Ada

Diperbarui: 26 Juni 2015   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Karena Hidup adalah pilihan

Mata gadis berjilbab besar dengan tinggi sekitar 150 cm itu terlihat berkaca-kaca saat menuturkan kisahnya.

"Abah tak setuju Eni kuliah di jurusan keguruan kak. Menurut beliau, Administrasi Perkantoran D III USU adalah jurusan yang tepat untuk Eni" ujarnya dengan dengan Kristal bening yang menggantung di sudut matanya.

Diakuinya, abahnya bukan tanpa alasan menyuruhnya masuk jurusan tersebut. Melainkan karena abahnya ingin anaknya kelak menjadi orang kantoran seperti dirinya yang tak perlu berlelah-lelah kerja. Eni memahami hal itu. Awalnya ia mencoba berdamai diri demi menyenangkan orang tuanya. Maka selepas SMA ia mendaftar di Administrasi Perkantoran USU. Namun sejak itu batinnya selalu tak tenang. Ia merasa bahwa ini bukan pilihannya. Mengabdikan diri pada masyarakat adalah cita-citanya sejak dulu, bukan menjadi seperti yang diinginkan kedua orang tuanya.

Ketika hendak mendaftar ulang di USU dirinya mendengar kalau program Ektensi Unimed masih membuka pendaftaran. Jiwanya pun berontak. Keinginan untuk memilih kuliah sesuai dengan pilihannnya terus mengganggunya. Akhirnya ia memutuskan mendaftar di Unimed melalui jalur ekstensi. Disaat sebagian hatinya bersorak gembira karena lulus di Unimed, sebagian hatinya lagi menangis miris karena harus menerima kenyataan dan konsekuensi yang berat dari apa yang telah ia pilih : disisihkan oleh keluarganya sendiri dan dianggap anak tak tahu diri karena tak menuruti keinginan orang tuanya, terutama abahnya.

Mahasiswa semester empat jurusan pendidikan bahasa Indonesia ini sudah dua tahun kuliah dengan biaya sendiri dari hasil kerjanya menjadi tentor di salah satu bimbingan belajar di Medan. ketika lebaran ia tak pulang ke rumah, melainkan ke rumah saudaranya yang masih sedaerah dengan rumah tempat orang tuanya tinggal. Jika ada kesempatan, dengan diam-diam ia datang kerumahnya dan sungkem ke ibunya dengan harapan ada pintu maaf dari ayahnya. Tapi tampaknya ia harus lebih bersabar lagi untuk hal itu.

"Abah sangat marah kak. Bahkan sampai sekarang abah belum mau bicara sama Eni. Tapi sudahlah, ini adalah konsekwensi yang harus Eni jalani. Eni yakin, suatu saat abah akan memaafkan Eni karna niat Eni benar-benar tulus ingin menjadi orang bermanfaat bagi orang lain. Dan menurut Eni, menjadi guru adalah pilihan yang tepat" gadis itu berkata bijak.

Adakah yang salah dengan pilihan Eni? Jika kita memandang dari sudut pandang kepatuhannya kepada orang tua, kita akan berpikiran sama dengan orang tuanya. Namun jika kita lihat sebagai orang yang berani mengambil keputusan, Eni adalah golongan orang-orang yang berani memperjuangkan kemerdekaan pilihannya.

Lain Eni lain lagi Suparman. Keputusannya untuk kuliah mengundang ejekan dari temannya. Menurut mereka, meskipun ia kuliah tak akan mengubah jalan hidupnya yang memang sangat kekurangan itu.

"Meskipun kau kuliah, tetap saja akhirnya kau menjadi orang kampung yang miskin" begitu teman-teman mengejeknya. Diejek seperti itu tak mengendurkan semangat Suparman untuk kuliah, justru membuatnya bertambah semangat. Ia nekat kuliah dari hasil tabungannya. Tabungan yang ia kumpulkan selama dua tahun bekerja di bidang reklame dan percetakan.

Saat mengambil studi khususpun ia tak lepas masalah dan cemoohan orang-orang disekitarnya karena pilihan ia ambil. Awalnya ia mengambil studi khusus Seni Lukis. Setahun dijalani ia merasa tak sejalan dengan apa yang telah ia pilih. Akhirnya disaat mahasiswa lain berlomba-lomba untuk cepat lulus kuliah dengan alasan keuangan ia yang juga memiliki keterbatasan biaya malah memutuskan mengambil studi khusus lagi dan harus mengulang dari awal. Fotographi sempat menjadi pilihannya. Namun tak berapa lama ia membatalkannya lagi dan mengambil studi khusus Komputer. Tak hanya sesama mahasiswa yang mencemohnya. Dosen pun ikut berkomentar yang sangat membekas dihatinya. Pasalnya ia tak mengerti sama sekali komputer dan nekat mengambil studi khusus tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline