Lihat ke Halaman Asli

Diah Fitri Patriani

Muslimah Pemerhati Umat

JNE Makin Tua Makin Gagas, Gass Terus Kreativitas Tanpa Batas

Diperbarui: 25 Juni 2024   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sumber gambar: Diah

Pengalaman menggunakan jasa JNE

Sobat penulis mau menceritakan saat 2010 merantau di Kalimantan Timur dan tinggal agak kedalam area pertambangan batu-bara. Jadi saat itu jasa pengiriman yang ada di sana PT Pos Indonesia dan JNE. Kelebihan JNE pada saat itu adalah kantornya mudah dijangkau dekat dengan tempat tinggal. Sehingga menjadi pilihan pertama dan satu-satunya dalam memanfaatkan jasa pengiriman cepat.

Bahkan ketika takdir mengantarkan penulis kembali ke Jawa sementara anak mondok di Samarinda, penulis kerap mengirim paket makanan snack, pakaian dan lain-lain lewat JNE yang juga mudah dijangkau dekat dengan rumah tinggal sekarang. Dalam waktu maksimal 4 hari sudah sampai. 

Ada satu kasus penulis menggunakan jasa JNE barang tidak sampai tujuan karena alamat tidak jelas tapi akhirnya penulis bisa mendapatkan kembali paket tersebut dan mengirim ulang ke alamat yang benar.

Pernah suatu kali di daerah tempat tinggal penulis ada ekspedisi baru dengan tarif yang lebih murah. Wah penulis tertarik dan mencoba menggunakan jasa pengiriman baru tersebut. Seperti biasa dikirim ke Samarinda. Akan tetapi ternyata mengecewakan paket baru sampai 14 hari lamanya, ini menjadi pelajaran bagi penulis bahwa bagaimanapun JNE masih bagus dalam kecepatan pelayanannya.

Makin tua makin Gagas.

Sebagai perusahaan logistik yang sudah malang melintang di dunia jasa pengiriman JNE bisa dikatakan telah memakan asam garam kehidupan lebih dari 33 tahun. Dari merintis kecil menjadi perusahaan yang besar dan cakupan yang luas. Sehingga ia lebih matang dibanding perusahaan logistik  lain. Beberapa kali JNE bisa melewati berbagai krisis dimana perusahaan sejenis kolap karenanya, Bisa dikatakan JNE makin tua makin gagas.

Terbukti pada 15 November 2023 JNE meraih Penghargaan Inovasi Digital dari Indonesia Digital Ecosystem Summit 2023 dari Kemal Effendi Gani, Chief Editor SWA Media Group kepada Bapak Andries K Indrajaya, SVP Information & Communication Technology Group Head JNE di Inovasi Digital dari Indonesia Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023 (IST).

Strategi Jalur Langit

Rahasia eksistensi JNE sehingga masih bisa sebesar ini meskipun telah melewati berbagai episode badai ekonomi politik di Indonesia, terletak di strategi jalur langit yang diterapkan dalam manajemen perusahaannya. 

JNE mampu bertransformasi sedemikian rupa dari zero menjadi hero. Tantangan yang dihadapi justru  menjadi sebuah peluang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline