Lihat ke Halaman Asli

Diah AyuSulistiowati

Mahasiswi Universitas'Aisyiyah Yogyakarta

Derita Seorang Bipolar

Diperbarui: 24 Maret 2023   14:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sore itu, hujan mengalir begitu derasnya, mengalir disetiap sudut kaca yang bening, dinginnya suhu didalam ruangan itu membuatnya sedikit menggigil dan memeluk erat dirinya sendiri. 

Ditengah lamunannya yang begitu dinikmatinya, tiba-tiba terdengar suara yang memberitahukan bahwa ia telah sampai di kota tujuannya.

Finda, adalah gadis pendiam yang berkuliah di salah satu kampus swasta yang ada di kota pelajar..saat itu ia sudah menempuh pendidikan semester 7, saat itu dia berangkat untuk mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan dan mulai penyusunan skripsi.

Setibanya dikost, finda merasakan sesuatu yang aneh pada dirinya. "Sepertinya aku merasa aneh dengan diriku, aku sepertinya bukan aku yang biasanya, ada apa denganku sebenarnya", ucap finda didepan cermin yang menggantung ditembok kamar kostnya. Saat dirumah ia merasa baik2 saja bahkan sangat bahagia dan ceria, namun saat setibanya dikost dia menjadi hampa, kosong dan hilang nafsu makan tanpa sebab. Hal itu berlangsung selama beberapa hari, finda hanya minum air putih dan merasa tak selera makan.

Hingga pada suatu hari finda pindah kost untuk beberapa Minggu kedepan karena lokasi PKL jauh dari kostnya, ia memutuskan untuk mencari tempat kost sementara.

Ada harapan kecil saat ia pindah kekost sementaranya itu, yaitu ia ingin perasaannya kembali seperti semula. Namun harapannya terpatahkan oleh kenyataan yang sebenarnya, dia belum sembuh dan hal tersebut berlangsung seminggu.

Hari demi hari ia lalui, fokusnya selalu hilang bersama dengan nafsu makannya. Ia semakin merasa kegiatan yang ia lakukan tak ada artinya, membuatnya ingin mencoba melakukan percobaan bunuh diri. Namun dengan bekal keimanan yang dia miliki seketika ia ingat dengan Allah SWT. Dia terus berdoa dan berusaha untuk bangkit. 

Finda yang begitu lelah dengan jiwanya mencoba untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog yang tak lain adalah teman semasa SMA. Dia menceritakan secara detail apa yang ia rasakan dan yang benar saja..dari hasil diagnosis tersebut dia mengidap depresi bipolar. Bipolar adalah suatu penyakit mental yang ditandai dengan perubahan yang begitu signifikan secara singkat dari yang awalnya ceria berubah menjadi sedih bahkan hingga depresi. 

Singkat cerita, saat hari pertama PKL finda merasa agak baikan dan itu bukan karena apa-apa, melainkan finda sendiri tak tau apa yang menyebabkan dirinya baikan. Hari demi hari finda lalui dengan begitu banyak permasalahan, namun tak sedikitpun membuatnya goyah hingga selesai PKL. 

Dari hal tersebut finda dapat belajar bahwa sesuatu yang sulit bisa ia lalui dengan senantiasa berdoa dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT. Jangan pernah menyerah apapun ujiannya karena Allah tidak akan menguji seorang hambanya melebihi batas kemampuannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline