Assalamu'alaikum Wr. Wb .........
Perkenalkan Nama Saya Diah Mardiah
Guru SDN 2 Sindangkasih
Kabupaten Purwakarta
Merumuskan Pembelajaran Bermakna Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Apa itu Pembelajaran Bermakna ?
Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yang menyenangkan yang akan memilikikeunggulan dalam meraup segenap informasi secara utuh sehingga konsekuensi akhirmeningkatkan kemampuan peserta didik. Pembelajaran bermakna merupakan suatu prosesdikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitifseseorang. Pembelajaran bermakna ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek,konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang relevan didalam struktur kognitif peserta didik.
Cara Menerapkan Pembelajaran Bermakna
Berdasar pengalaman emperis, dak mudah untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagipeserta didik. Pendidik sering mengalami kendala berkaitan dengan masalah pengelolaan pembelajaran.Namun demikian, bukan mustahil hal itu dapat diwujudkan. Syaratnya, pendidik selalu melakukananalisa terhadap proses dan hasil belajar yang dicapai. Dengan landasan ini pendidik akan dapatmenarik kesimpulan, mengapa pembelajaran dak bermakna. Dengan demikian pendidik dapatmemikirkan bagaimana strategi pembelajaran agar bermakna.Analisis terhadap kegiatan pembelajaran mutlak dilakukan oleh seap pendidik. Analisis dilakukanterhadap proses pembelajaran maupun hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Analisis ini dak selaludilakukan dalam bentuk kegiatan penilaian.
Rancangan Pembelajaran Bermakna
1. Sikap dan gaya mengajar