Lihat ke Halaman Asli

Perlunya Digital Marketing untuk Perusahaan di Era Digital

Diperbarui: 18 April 2017   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Belakangan ini digital marketing atau pemasaran secara online menjadi topik pembicaraan hangat yang sering dibahas pada setiap forum-forum bisnis di Indonesia. Apa itu pemasaran online? Bagaimana cara mengelola pemasaran onlineyang tepat? Apakah perusahaan saya membutuhkan pemasaran secara online? Semua pertanyaan itu akan dijelaskan melalui pembahasan berikut ini.

Sebagaimana yang dilansir oleh sas.com,digital marketing dapat diartikan sebagai cara melakukan promosi produk atau jasa melalui satu atau lebih media elektronik yang terhubung melalui internet. Hal yang paling membedakan konsep digital marketing dengan konsep tradisional marketing ialah dalam konsep digital marketing, efektivitas iklan dapat dianalisis secara langsung. Apakah iklan tersebut berjalan dengan efektif atau tidak melalui interaksi yang dilakukan oleh target audienceterhadap iklan yang di tampilkan.

Digital marketing dimulai pada era web 1.0  pada tahun 1993 saat munculnya pemasaran produk melaluibanner website pada konten di internet. Seiring berjalannya waktu, jumlah blogger  dan media sosial seperti Facebook,Twitter, dan Instagram semakin bertambah dengan disusul oleh kemunculan situs video channel seperti Vimeo dan Youtube. Kondisi ini membuat digital marketingsemakin dekat dengan target audience sehingga semua pelaku pemasaran setuju bahwa ini adalah cara yang paling efektif untuk memasarkan produk.

Saat ini, digital marketing banyak dilakukan melalui 4 channelberikut ini:

1. Social Media Marketing

Social media marketing atau pemasaran melalui media sosial beberapa tahun terakhir ini sangat populer di Indonesia. Hal tersebut salah satunya dipicu karena banyaknya pengguna mesia sosial di Indonesia. Sampai akhir tahun 2015 ini, Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai pengguna Facebookterbanyak di dunia dengan 70 juta pengguna seperti yang dilansir oleh laman statistica.com. Kelebihan dari social media marketing ini ialah kemudahan untuk membuat target iklan pada demografis tertentu seperti usia, gender, lokasi, dan interest.

2. Search Engine Optimizer (SEO)

Para pengguna internet pasti pernah menggunakan mesin pencari, baik untuk sekadar mendapatkan informasi, membeli barang, atau bahkan mencari jasa tertentu. Mesin pencari Google merupakan platform yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan memaksimalkan hasil pencarian kata kunci terkait dengan produk atau jasa, hadirnya informasi produk atau jasa perusahaan di halaman pertama sangat berpeluang bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan.

Kelebihan dari SearchEngine Optimizer (SEO) adalah adanya minat atau ketertarikan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan melalui kata kunci yang digunakan oleh calon pelanggan. Dengan adanya minat dan hasil pencarian yang relevan, produk dan jasa yang ditawarkan akan menjawab kebutuhan calon pelanggan.  Hasil dari mesin pencari sendiri terbagi menjadi dua yakni hasil pencarian organic dan iklan yang ditandai dengan logo ads. Search Engine Optmization (SEO) sendiri bekerja untuk memaksimalkan hasil pada hasil pencarian organic sehingga website  perusahaan berada di halaman terbaik.

3. Search Engine Marketing

SearchEngineMarketing (SEM) adalah fitur yang disediakan olehGoogle untuk beriklan berdasarkan kata kunci yang di gunakan oleh pengguna Google. Kelebihan dari pengunaan SEM yaitu sangat terukurnya biaya yang dikeluarkan dan hasil yang didapat. SEM merupakan performance base ads sehingga biaya yang dikeluarkan berbanding lurus dengan hasil yang didapat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline